LITERASI DIGITAL PADA REMAJA DIGITAL (SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL BAGI PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS)

Authors

  • Nuly Meilinda Universitas Sriwijaya
  • Febrimarani Malinda Universitas Sriwijaya
  • Sari Mutiara Aisyah Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v4i1.1047

Abstract

Perubahan pada tatanan kehidupan masyarakat telah dirasakan sebagai akibat dari masuknya pengaruh internet. Teknologi ini sudah dapat diakses oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia dengan berbagai lapisan masyarakat dan kategori usia. Begitu hal nya dengan manusia usia remaja yang sedang dalam masa produktif dan inovatif sehingga memiliki rasa keingin-tahuan dalam memperoleh informasi. Segmentasi terbesar dari pengguna internet di Indonesia adalah mereka yang termasuk kedalam kategori remaja, oleh karenanya Pengabdi akan fokus pada remaja yang berusia 13 sampai dengan 17 tahun yang  sedang menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Pemahaman akan  internet sebagai salah satu bentuk media digital dirasa perlu untuk lebih bijak dalam penggunaannya, peran media digital ini didorong dengan semakin banyaknya media sosial yang memberikan akses informasi bagi remaja dan masyarakat. Sehingga  penyebaran informasi akan rentan terhadap segala bentuk ancaman, seperti hoax dan ujaran  kebencian. Oleh karenanya, perlu adanya literasi yang harus dipahami  dalam kesadaran diri remaja akan penggunaan media digital terutama pada media sosial. Kegiatan sosialisasi terhadap literasi digital dirasa perlu  dilakukan khususnya kepada manusia usia remaja sebagai bagian dari komunitas digital. Capaian dalam kegiatan literasi ini dapat mendorong dan mempengaruhi persepsi remaja terhadap pengkonsumsian media informasi dalam bentuk media digital sehingga mampu mengubah kepercayaan dan  perilaku remaja.

Kata kunci :  Sosialisasi, Literasi, Media Digital, Remaja

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nuly Meilinda, Universitas Sriwijaya

Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik

Febrimarani Malinda, Universitas Sriwijaya

Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik

Sari Mutiara Aisyah, Universitas Sriwijaya

Jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik

References

Art, Silverblatt. 1995. Media Literacy: Key To Interprenting Media Massages. Publisher: Preager. USA.

Baran, Stanley J. dan Dennis K. Davis. 2010. Teori Komunikasi Massa Dasar, Pergolakan, dan Masa Depan. Jakarta: Salemba Humanika.

De Vito, Joseph. 2001. The Interpersonal Communication Book. Allyn and Bacon Publisher.

Jenkins, Henry. 2009. Confronting The Challenges of Participatory Culture: Media Education for the 21st Century. Illinois: MacArthur Foundation.

Livingstone, Sonia. 2002. Young People Media. London: Sage Publications.

Potter,W.J. (2005). Media Literacy. Upper Sadler River,NJ: Prentice Hall.

Riswanto, Purji. 2013. Model-Model Gerakan Literasi Media dan Pemantauan Media di Indonesia. Jakarta: PKMB dan Yayasan TIFA.

Suciati, Dr. M.Si. 2017. Teori Komunikasi dalam Multi Perspektif: Litera Yogyakarta. Mantrijeron, Yogyakarta.

Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi media: cerdas bermedia khalayak media massa: Amazon.com.

Downloads

Published

2020-07-01

How to Cite

Meilinda, N., Malinda, F., & Aisyah, S. M. (2020). LITERASI DIGITAL PADA REMAJA DIGITAL (SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL BAGI PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS). Jurnal Abdimas Mandiri, 4(1). https://doi.org/10.36982/jam.v4i1.1047

Issue

Section

Articles