PENGENALAN MULTIMEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI

Authors

  • Nurul Dwi Lestari Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Sonya Manaf Umamy Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Nur Lailatus Sa’adah Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v5i1.1504

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran berupa multimedia berbasis animasi untuk pembelajaran Bahasa Indonesia. Media ini dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang teks eksplanasi dan selanjutnya siswa dapat mempraktikkan langkah-langkah menulis teks eksplanasi sehingga menghasilkan tulisan eksplanasi sesuai kadiah yang baik dan benar. Pengembangan media selanjutnya diperkenalkan kepada para guru dengan tujuan agar para guru memiliki pengalaman dalam pembuatan multimedia berbasis animasi dengan menitikberatkan pada penyampaian pesan dan kemenarikan baik dari segi isi maupun visual. Hasil penelitian menunjukkan adanya antusiasme dan kesungguhan siswa dalam mengikuti pembelajaran menggunakan media tersebut. Tulisan yang dihasilkan siswa menunjukkan kreativitas yang baik dan memenuhi ketercapaian tujuan pembelajaran. Pengabdian dalam bentuk pengembangan multimedia animasi menjadi ikhwal penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran dan hasil belajar siswa di sekolah.

 

Kata Kunci: multimedia, animasi, pembelajaran, teks eksplanasi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nurul Dwi Lestari, Institut Agama Islam Negeri Kediri

Program Studi Tadris Bahasa Indonesia

Sonya Manaf Umamy, Institut Agama Islam Negeri Kediri

Program Studi Tadris Bahasa Indonesia

Nur Lailatus Sa’adah, Institut Agama Islam Negeri Kediri

Program Studi Tadris Bahasa Indonesia

References

Anderson, M. & Anderson, K. (2000). Text Types in English. Macmillan Education Australia Pty. Ltd, Australia.

Arief, A. 2015, Pembuatan Kuis Pada Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Fitur Triggers Software Powerpoint, Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 1 (3): 156-162.

Ariyani & Haryanto. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah: Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta.

Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran (Saiful Ibad, Ed.). Gaung Persada Press, Jakarta.

Darmawan, D. 2012. Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung.

Kosasih, E. 2016. Jenis-jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Yrama Widya, Bandung.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran dalam Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar Nasional Pendidikan. (Online), (http://www.Bsnp-Indonesia.Org), diakses 15 April 2020.

Poitras E , Lajoie S, & Hong.Y. 2012. The Design Of Technology-Rich Learning Environments As Metacognitive Tools In History Education. Springer Link. Instr Sci (2012) 40:1033–1061. DOI 10.1007/s11251-011-9194-1.

Sadiman, A. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Grafindo Pers, Jakarta.

Wood, K. & Stubbs, S. (2000). Targetting Text: Information: Recount, Information Report & Eksplanation: Junior High School. Blake Education, Australia.

Downloads

Published

2021-06-09

How to Cite

Lestari, N. D., Umamy, S. M., & Sa’adah, N. L. (2021). PENGENALAN MULTIMEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI. Jurnal Abdimas Mandiri, 5(1). https://doi.org/10.36982/jam.v5i1.1504

Issue

Section

Articles