PENGENALAN MULTIMEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI

Nurul Dwi Lestari, Sonya Manaf Umamy, Nur Lailatus Sa’adah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran berupa multimedia berbasis animasi untuk pembelajaran Bahasa Indonesia. Media ini dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang teks eksplanasi dan selanjutnya siswa dapat mempraktikkan langkah-langkah menulis teks eksplanasi sehingga menghasilkan tulisan eksplanasi sesuai kadiah yang baik dan benar. Pengembangan media selanjutnya diperkenalkan kepada para guru dengan tujuan agar para guru memiliki pengalaman dalam pembuatan multimedia berbasis animasi dengan menitikberatkan pada penyampaian pesan dan kemenarikan baik dari segi isi maupun visual. Hasil penelitian menunjukkan adanya antusiasme dan kesungguhan siswa dalam mengikuti pembelajaran menggunakan media tersebut. Tulisan yang dihasilkan siswa menunjukkan kreativitas yang baik dan memenuhi ketercapaian tujuan pembelajaran. Pengabdian dalam bentuk pengembangan multimedia animasi menjadi ikhwal penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran dan hasil belajar siswa di sekolah.

 

Kata Kunci: multimedia, animasi, pembelajaran, teks eksplanasi

Full Text:

PDF

References


Anderson, M. & Anderson, K. (2000). Text Types in English. Macmillan Education Australia Pty. Ltd, Australia.

Arief, A. 2015, Pembuatan Kuis Pada Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Fitur Triggers Software Powerpoint, Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 1 (3): 156-162.

Ariyani & Haryanto. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah: Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta.

Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran (Saiful Ibad, Ed.). Gaung Persada Press, Jakarta.

Darmawan, D. 2012. Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung.

Kosasih, E. 2016. Jenis-jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Yrama Widya, Bandung.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran dalam Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar Nasional Pendidikan. (Online), (http://www.Bsnp-Indonesia.Org), diakses 15 April 2020.

Poitras E , Lajoie S, & Hong.Y. 2012. The Design Of Technology-Rich Learning Environments As Metacognitive Tools In History Education. Springer Link. Instr Sci (2012) 40:1033–1061. DOI 10.1007/s11251-011-9194-1.

Sadiman, A. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Grafindo Pers, Jakarta.

Wood, K. & Stubbs, S. (2000). Targetting Text: Information: Recount, Information Report & Eksplanation: Junior High School. Blake Education, Australia.




DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jam.v5i1.1504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.