PENYULUHAN PENTINGNYA MINAT KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI SISWA SMA NEGERI 4 PRABUMULIH

Authors

  • Meilin Veronica Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v5i1.1508

Abstract

Rendahnya minat berwirausaha lulusan untuk merebut peluang pasar kerja lebih dominan dialami oleh siswa siswa SMA. Tingkat pengangguran tamatan SMA mencapai 25%. Kondisi ini merupakan tantangan dalam pendidikan. Sekolah Menengah Atas (SMA) memang disiapkan untuk menghasilkan tenaga kerja yang memang sudah siap terjun dalam dunia kerja. Tujuan pengabdian masyarakat untuk memberikan wawasan dan meningkatkan minat berwirausaha pada SMA mengetahui tentang kewirausahaan. Penerapan jiwa aplikasi wirausaha ini bagi siswa SMA masih dirasa sulit, karena pendidikan yang mereka tempuh kadang secara mental mereka belum siap untuk masuk ke dunia wirausaha. Dalam mengembangkan jiwa wirausaha ini diperlukan minat yang tinggi. Minat siswa yang mantap dalam berwirausaha akan mendorong siswa tersebut untuk berani dalam berwirausaha, karena dengan minat ini siswa merasa mempunyai kekuatan dan kemampuan yang menghantarkannya menjadi wirausaha yang sukses. Namun di sisi lain, jika siswa itu tidak mempunyai minat untuk berwirausaha, maka siswa itu akan takut untuk mengembangkan keterampilannya dan tidak bisa akan menjadi wirausaha yang sukses. Dalam mengembangkan jiwa wirausaha di siswa SMA, tidak hanya pendidikan keterampilan yang dibutuhkan faktor lain yang tidak kalah menarik adalah pengenalan materi tentang kewirausahaan yang memang sangat dibutuhkan oleh siswa SMA.

Kata kunci: Minat Berwirausaha, Kewirausahaan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Meilin Veronica, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Manajemen

References

Buchari Alma. 2014. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Basrowi. 2014. Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Cetakan kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Eddy Soeryanto Soegoto, Menjadi pebisnis ulung 2009. Jakata: Kompas.

Geoffrey G. Meredith et al. 1995. Kewirausahaan Teori dan Praktek. Cetakan keempat. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Moh. Alifudin. Mashur Razak. 2015. Kewirausahaan: Strategi Membangun Kerajaan Bisnis. Jakarta: Magna Script Publishing.

Rhonda Abrams. 2005. Business Plan In A Day.(Cara Jitu Membuat Rencana Bisnis). Yogyakarta: Kanisius.

Sonny Keraf. 1998. Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2021-06-11

How to Cite

Veronica, M. (2021). PENYULUHAN PENTINGNYA MINAT KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI SISWA SMA NEGERI 4 PRABUMULIH. Jurnal Abdimas Mandiri, 5(1). https://doi.org/10.36982/jam.v5i1.1508

Issue

Section

Articles