PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA KECIL MENENGAH (STUDI KASUS PADA SAUNG ABAH HADI RESTO)

Authors

  • Rifani Akbar Sulbahri Universitas Tridinanti Palembang
  • Yuni Adinda Putri Universitas Tridinanti Palembang
  • Yuni Rachmawati Universitas Tridinanti Palembang
  • Martha Rianty Universitas Tridinanti Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v5i2.1828

Abstract

Keberhasilan UKM  menjalankan usahanya tidak terlepas dari kemampuan UKM mengelola dana. Ketidakmampuan atau kesalahan pengelolaan dana yang dilakukan pemilik meskipun sepele tetapi dapat mengancam keberlangsungan UKM. Pengelolaan dana yang buruk juga berakibat perusahaan tidak dapat mencegah, mendeteksi maupun mengoreksi tindak kecurangan yang terjadi di perusahaan). (Wirjono & Raharjoono, 2012) menyatakan bahwa salah satu masalah yang cukup dominan muncul dalam pengembangan UKM adalah terkait dengan pemahaman mengenai informasi akuntansi. Saung Abah Hadi masih masih dilakukan secara manual tanpa program akuntasi dan dilakukan oleh pegawai yang tidak mempunyai latar belakang pendidikan akuntansi. Pemilik juga bukan orang yang memiliki latar belakang pendidikan ekonomi atau  akuntansi sehingga mereka sangat tertarik dan ingin memahami bagaimana proses dan pembuatan laporan keuangan serta bagaimana trik pemasaran yang dapat meningkatkan pendapatan mereka.

Kata kunci : UKM, Pengelolaan Dana, Laporan keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rifani Akbar Sulbahri, Universitas Tridinanti Palembang

Program Studi Akuntansi

Yuni Adinda Putri, Universitas Tridinanti Palembang

Program Studi Manajemen

Yuni Rachmawati, Universitas Tridinanti Palembang

Program Studi Akuntansi

Martha Rianty, Universitas Tridinanti Palembang

Program Studi Akuntansi

References

Idrus. (2020). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) ; Tantangan dan Kebutuhan Bagi UMKM.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen (Edisi 14,). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Lane Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta:Indonesia: Erlangga.

Setyobudi, A. (2007). Peran Serta Bank Indonesia Dalam Pengembangan Usaha Mikroo, Kecil dan Menengah (UMKM). Buletin Hukum Perbankan Dan Kebanksentralan, 5(2).

Wirjono, E. R., & Raharjoono, A. B. (2012). Survei Pemahaman dan Pemanfaatan Informasi Akuntnasi Dalam Usaha Kecil Menengah di Daerah Istimewa Yogyakarta. AUDI Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 7(2).

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Sulbahri, R. A., Putri, Y. A., Rachmawati, Y., & Rianty, M. (2021). PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA KECIL MENENGAH (STUDI KASUS PADA SAUNG ABAH HADI RESTO). Jurnal Abdimas Mandiri, 5(2). https://doi.org/10.36982/jam.v5i2.1828

Issue

Section

Articles