PENGEMBANGAN BISNIS PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS WEBSITE DI DESA KALIBAGOR BANYUMAS

Authors

  • Gita Fadila Fitriana Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Rifki Adhitama Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Aditya Wijayanto Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Auliya Burhanuddin Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Rendi Putra Pradana Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Mochammad Hanif Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Rochman Beny Riyanto Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v5i2.1886

Abstract

Menurut data Statistik Lingkungan Hidup di Indonesia pada tahun 2018, diperkirakan menghasilkan 64 juta ton sampah di tiap tahunnya. Namun, merujuk data Sustainable Waste Indonesia (SWI) tahun 2017, dari angka tersebut baru 7% yang didaur ulang, sementara 69% di antaranya menumpuk di tempat pembuangan akhir (TPA). Pengelolaan sampah di kota-kota di Indonesia sampai saat ini belum mencapai hasil yang optimal. Berbagai kendala masih banyak dihadapi dalam pelaksanaan pengelolaan sampah baik kendala ekonomi, sosial budaya maupun penerapan teknologi. Inovasi dalam penanganan sampah harus mampu mengubah nilai ekonomi dari sampah. Nilai sampah yang awalnya tidak bernilai menjadi nilai ekonomi adalah salah satu harapan baru dalam mengatasi permasalahan sampah. Desa Kalibagor merupakan salah satu Desa yang memanfaatkan sampah untuk membuat berbagai macam karya yang dapat dijual. Pembuatan Aplikasi PickyTrash untuk pengelolaan sampah merupakan salah satu upaya untuk membantu warga dalam mengelola limbah dan menaikkan taraf ekonomi desa, aplikasi PickyTrash ini memiliki fitur utama pengelolaan hasil penjualan sampah, sehingga warga dapat mengetahui secara transparan dan akuntabel sampah yang telah dikelola dan telah menghasilkan nilai ekonomi.

 

Kata kunci : inovasi, nilai ekonomi, PickyTrash, Tempat Pembuangan Akhir

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Gita Fadila Fitriana, Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak

Rifki Adhitama, Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak

Aditya Wijayanto, Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak

Auliya Burhanuddin, Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Program Studi Teknik Informatika

Rendi Putra Pradana, Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak

Mochammad Hanif, Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak

Rochman Beny Riyanto, Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak

References

KataData (2019) Menuju Indonesia Peduli Sampah, Tim Publikasi.

Laurens, J. M. (2012) ‘Changing Behavior and Environment in a Community-based Program of the Riverside Community’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 36(December 2012), pp. 372–382. doi: 10.1016/j.sbspro.2012.03.041.

Sari, M., Lestari, S. U. and Awal, R. (2018) ‘Peningkatan Ketrampilan Mahasiswa Dalam Pengelolaan Sampah Organik Untuk Mewujudkan Green Campus Di Universitas Lancang Kuning’, Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), pp. 193–196. doi: 10.31849/dinamisia.v2i2.1392.

Warjoto, R. E., Canti, M. and Hartanti, A. T. (2018) ‘Metode Komposting Takakura Untuk Pengolahan Sampah Organik Rumah Tangga di Cisauk, Tangerang’, Jurnal Perkotaan, 10(2), pp. 76–90.

Ying, G. H. and Ibrahim, M. H. (2013) ‘Journal of Environmental Science , Computer Science and Engineering & Technology Local Knowledge In Waste Management : A Study Of Takakura Home Method’, 2(3), pp. 528–533.

Downloads

Published

2021-11-20

How to Cite

Fitriana, G. F., Adhitama, R., Wijayanto, A., Burhanuddin, A., Pradana, R. P., Hanif, M., & Riyanto, R. B. (2021). PENGEMBANGAN BISNIS PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS WEBSITE DI DESA KALIBAGOR BANYUMAS. Jurnal Abdimas Mandiri, 5(2). https://doi.org/10.36982/jam.v5i2.1886

Issue

Section

Articles