DIGITAL MARKETING UNTUK KEBERLANGSUNGAN USAHA EKONOMI KREATIF UMKM WANOJA BINANGKIT BOGOR

Authors

  • Aan Rahman Universitas Bina Sarana Informatika
  • Puji Yuniarti Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ratih Setyo Rini Universitas Bina Sarana Informatika
  • Helmy Ivan Taruna Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v6i3.2707

Abstract

Pemberlakuan kembali pembatasan mobilisasi masyarakat selama pandemi karena peningkatan Virus Corona varian Omicron yang diterapkan pemerintah semakin menumbuhkan kebiasaan baru dalam kehidupan bermasyarakat untuk mendukung upaya pencegahan dan pengendalian virus Covid-19. Pembatasan ini juga berlaku dalam kegiatan berorganisasi, salah satunya kegiatan pengabdian masyarakat kepada mitra kelompok masyarakat dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan. Permasalahan utama Wanoja Binangkit Kabupaten Bogor antara lain kemampuan pengurus dan anggota dalam bidang memasarkan produk UMKM secara online atau e-marketing masih kurang, Solusi yang disampaikan melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu dengan melaksanakan pelatihan kepada pengurus Wanoja Binangkit Kabupaten Bogor tentang pelatihan implementasi digital marketing untuk keberlangsungan usaha ekonomi kreatif agar dapat memanfaatkan dan menerapkan e-marketing sebagai pertahanan ekonomi Bentuk kegiatan pelatihan dilakukan secara virtual memanfaatkan teknologi melalui media online aplikasi Zoom oleh dosen UBSI yang telah ditunjuk sebagai tutor. Pelatihan ini memberikan dampak positif bagi keberlangsungan usaha ekonomi kreatif UMKM Wanoja Binangkit di tengah Pandemi Covid 19  dan akan dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan agar diperoleh hasil yang optimal.

Kata kunci : Digital Marketing, Ekonomi Kreatif

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aan Rahman, Universitas Bina Sarana Informatika

Administrasi Bisnis

Puji Yuniarti, Universitas Bina Sarana Informatika

Administrasi Bisnis

Ratih Setyo Rini, Universitas Bina Sarana Informatika

Administrasi Bisnis

Helmy Ivan Taruna, Universitas Bina Sarana Informatika

Administrasi Bisnis

References

Ariyanto, A. (2020) Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi. Solok: Insan Cendekia Mandiri.

DetikInet (2021) Marketing Digital Jadi Arus Utama.

Erislan (2021) Implikasi Penggunaan Digital Marketing untuk Keunggulan Bersaing UMKM di Kabupaten Bandung.

Heryati, A. (2021) ‘Analisa Kualitas Website Universitas Indo Global Mandiri Palembang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0’, Applicable Innovation of Engineering and Science …, 0, pp. 27–28. Available at: http://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/AVoer/article/view/870.

Heryati, A., Afriyani, F. and Ulfah, B. (2020) ‘Pelatihan Packaging Produk Makanan Ringan Dan Otak-Otak Pada Kampung KB Layang-Layang’, Avoer 12, (November), pp. 18–19.

Raharjo, B. (2021) ‘Pemanfaatan Digital Marketing pada Era Digitalisasi’.

Widyakto, A. and Widyarti, E.T. (2021) ‘Strategi Pemasaran Digital Peternakan Pada Produk Susu Perah Sapi (Studi Kasus: CV Langgeng Tani Makmur).’, SOLUSI: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 19(2), pp. 128–140.

Terttiaavini dan Saputra, T.S. (2020) “Analisa Pelatihan Strategi Manajemen Penjualan Produk Umkm Menggunakan Digital Marketing Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 Di Kampung Keluarga Berhasil (Kb) Layang-Layang Palembang,†in Seminar Nasional AVoER XII 2020. Palembang: Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya, hal. 18–19. Tersedia pada: http://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/avoer/article/view/251.

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

Rahman, A., Yuniarti, P., Rini, R. S., & Taruna, H. I. (2023). DIGITAL MARKETING UNTUK KEBERLANGSUNGAN USAHA EKONOMI KREATIF UMKM WANOJA BINANGKIT BOGOR. Jurnal Abdimas Mandiri, 6(3). https://doi.org/10.36982/jam.v6i3.2707

Issue

Section

Articles