SOSIALISASI PENGGUNAAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA SMPN 29 PALEMBANG

Authors

  • Husnawati Husnawati Indo Global Mandiri University
  • Imelda Saluza Indo Global Mandiri University
  • Dewi Sartika Indo Global Mandiri University
  • Maya Amelia Indo Global Mandiri University

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v1i2.408

Abstract

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam bidang pendidikan, para pengajar maupun peserta didik dituntut untuk dapat menggunakan media elektronik. Penggunaan media elektronik sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan proses pembelajaran dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Melalui media elektronik atau yang lebih dikenal dengan E-Learning siswa tidak hanya memperoleh ilmu melalui tatap muka di kelas, melainkan dapat diakses dengan mudah melalui perangkat elektronik kapanpun dan dimanapun. Di dalam laporan ini akan dipaparkan mengenai kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya di SMP N 29 Palembang dalam rangka memberikan pengarahan kepada siswa mengenai penggunaan E-Learning sebagai media yang dapat menumbuhkan minat belajar siswa, sehingga proses pembelajaran akan lebih menarik dan materi yang disampaikan guru akan lebih mudah diterima oleh siswa.

Kata kunci : Teknologi, Media Belajar, E-Learning, Pembelajaran, Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Husnawati Husnawati, Indo Global Mandiri University

Program Studi Manajemen Informatika Fakultas Ilmu Komputer

Imelda Saluza, Indo Global Mandiri University

Program Studi Manajemen Informatika Fakultas Ilmu Komputer

Dewi Sartika, Indo Global Mandiri University

Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer

Maya Amelia, Indo Global Mandiri University

Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer

References

M. Ramadhani, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan,†pp. 1–30, 2012.

P. E. Sanderson, “E-Learning: strategies for delivering knowledge in the digital age,†Internet High. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 185–188, 2002.

A. Azhar, “Media Pembelajaran,†Media Pembelajaran, no. 1, pp. 1–13, 2008.

M. Yazdi, “E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi,†J. Ilm. Foristek, vol. 2, no. 1, pp. 143–152, 2012.

T. Georgiev, E. Georgieva, and A. Smrikarov, “M-Learning - a New Stage of Е -Learning,†Int. Conf. Comput. Syst. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2004.

T. Aminoto and H. Pathoni, “Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi,†J. Sainmatika, vol. 8, no. 1, pp. 13–29, 2014.

T.Nurseto, “Membuat Media Pembelajaran yang Menarik,†Jurnal Ekonomi dan Pendidikan., vol. 8, no,1, pp.19-35, 2011

Situs Pembelajaran E-Learning. https://www.edmodo.com/?language=id

Downloads

Published

2018-03-26

How to Cite

Husnawati, H., Saluza, I., Sartika, D., & Amelia, M. (2018). SOSIALISASI PENGGUNAAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA SMPN 29 PALEMBANG. Jurnal Abdimas Mandiri, 1(2). https://doi.org/10.36982/jam.v1i2.408

Issue

Section

Articles