TINJAUAN USAHA KRUPUK KEMPLANG IKAN BILIK DESA LUMPATAN KECAMATAN SEKAYU

Authors

  • Wani Fitriah Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Omar Hendro Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v1i2.413

Abstract

Desa Lumpatan Sekayu memiliki sumberdaya perikanan yang cukup banyak. Pengembangan Industri hasil perikanan merupakan salah satu andalan masyarakat Desa Lumpatan. Industri pengolahan ikan yang potensial adalah industri pengolahan kerupuk ikan bilik, yang ditandai dengan adanya peningkatan jumlah unit usaha dalam setiap tahunnya.  Industri pengolahan ikan yang memiliki produksi paling tinggi adalah produksi pengolahan kerupuk ikan bilik. Salah salah satu desa yang merupakan sentra industri pengolahan kerupuk ikan bilik adalah Desa Lumpatan. Kelompok industri rumah tangga ini merupakan usaha yang mengolah kerupuk ikan cilik dengan jumlah produksi terbesar di Sekayu. Kelompok industri usaha ini masih memakai teknologi rendah. Satu sisi produksi harus dingkatkan produksinya agar dapat memenuhi permintaan pasar. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis kelayakan usaha untuk meningkatkan pendapatan dan pemasaran. Penelitian ini menggunakan Analisis lingkungan internal dan eksternal, aspek finansial dan non finansial meliputi analisis aspek pasar, aspek teknis, aspek manajemen dan hukum, aspek sosial-ekonomi-budaya, dan aspek lingkungan.

Kata Kunci: Kelompok Usaha, Pengolahan dan Pemasaran serta Pendapatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wani Fitriah, Universitas Muhammadiyah Palembang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

Omar Hendro, Universitas Muhammadiyah Palembang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

References

Murti Sumarni. 2005. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta:Penerbit CV. Andi Offset.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1997 tentang kemitraan. Masyarakat yang mempunyai usaha kreatif, berupaya melakukan pengembangan usaha kecilnya sehingga usaha kecil itu mampu menjadi usaha yang tangguh dan mandiri.

Rukminto, Adi, Isbandi. 2004. Pemberdayaan Pengembangan Masyarakat dan Investasi Komunitas, F.E. Universitas Indonesia. Jakarta.

Sofyan, Assauri. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, cetakan Ketujuh, Penerbit PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Tambunan. 2010. Perekonomian Indonesia. Edisi Ketiga. Yogyakarta:Penerbit BPFE.

Undang-undang Republik Indonesia. Tentang Perlindungan usaha kecil di Indonesia. 1995

Downloads

Published

2018-04-11

How to Cite

Fitriah, W., & Hendro, O. (2018). TINJAUAN USAHA KRUPUK KEMPLANG IKAN BILIK DESA LUMPATAN KECAMATAN SEKAYU. Jurnal Abdimas Mandiri, 1(2). https://doi.org/10.36982/jam.v1i2.413

Issue

Section

Articles