PERAN AKUNTANSI DAN PEMASARAN DALAM MEMBANGUN KOPERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKANKESEJAHTERAAN ANGGOTA KOPERASI SERTA MENUMBUHKAN ENTREPRENUER DI ERA MILENIAL

Authors

  • Rifani Akbar Sulbahri Universitas Tridinanti
  • Yuni Rachmawati Universitas Tridinanti
  • Melia Frastuti Universitas Tridinanti
  • Yuni Adinda Putri Universitas Tridinanti
  • Firmansyah Arifin Universitas Tridinanti

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v3i1.726

Abstract

ABSTRAK

Dalam upaya untuk menumbuhkan entrepreneur, edukasi ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi, siswa serta masyarakat sekitar melalui pendidikan non formal yaitu penambahan ilmu dan keterampilan dalam memanfaatnya potensi siswa, guru, pihak sekolah Tim Pengabdian mengadakan kegiatan penyuluhan di sekolah, masalah utama dari sekolah yaitu belum adanya koperasi sekolah serta belum adanya minimarket di lingkungan sekitar sehingga pihak yayasan sedang mengusulkan pendirian koperasi sekolah di lingkungan SMA Taruna Bangsa Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman akan pentingnya membangun koperasi sekolah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota serta menumbuhkan jiwa entrepreneur. Kegiatan ini juga mengedukasi bagaimana akuntansi dan pemasaran dalam membentuk dan mengelola koperasi sekolah mulai dari memasarkan produk koperasi, hingga menyajikan laporan keuangan koperasi. Metode penelitian adalah dengan menggunakan sistem workshop, yaitu penyajian materi secara lugas dilanjutkan dengan sistem interaksi tanya jawab antara peserta dan narasumber. Para peserta khususnya kepala sekolah dan pengelola telah memahami manfaat dan peran koperasi, bagaimana memasarkan produk koperasi serta bagaimana pencatatan keuangan koperasi sesuai standar. Diharapkan SMA Taruna Bangsa Palembang bisa mendirikan koperasi di sekolah yang akhirnya dapat menghidupkan perekonomian sekolah dan masyarakat lingkungan sekitar.

Kata kunci : Koperasi, Peranan Akuntansi, Peranan Pemasaran, Entrepreneur

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rifani Akbar Sulbahri, Universitas Tridinanti

Fakultas Ekonomi

Yuni Rachmawati, Universitas Tridinanti

Fakultas Ekonomi

Melia Frastuti, Universitas Tridinanti

Fakultas Ekonomi

Yuni Adinda Putri, Universitas Tridinanti

Fakultas Ekonomi

Firmansyah Arifin, Universitas Tridinanti

Fakultas Ekonomi

References

Azaria, Vina Mukti. 2013. Penerapan Akuntansi Pada UMKM Unggulan di Kabupaten Kota Blitar dan Kesesuaiannya dengan SAK ETAP. Skripsi. Jember : Universitas Jember.

Cantillon, Richard. 1755 Essai Sur La Nature Du Commerce en General, London: Gyles.

Hannah Orwa Bula. 2012. “Evolution and Theories of Entrepreneurship: A Critical Review on the Kenyan Perspectiveâ€, International Journal of Business and Commerce, Vol. 1, No.11, Lahore.

Hall. International editions. New Yersey. Fourth editions.

Hanel, ALferd. 1989. Basic Aspect of Cooperative Organization and Policies for Their Promotion in Developing Countries, Marburg.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan per 1 Juli 2009. Jakarta : Salemba Empat.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI.

Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri, Vol. 2 No. 2, November 2018 ISSN : 2550-0198. 138.

Kasmir. 2013. Kewirausahaan-Edisi Revisi, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kieso , dan Terry. 2014. Intermediate Accounting : IFRS Edition. Edisi 2. John Wiley & Sons.

Kottler, Phillip. 1980. Marketing Managemen. Analysis, Planning, and Control, Prentice.

Martani, Dwi,dkk. 2016. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.

Nurdita, Raflesia. 2012. Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada Koperasi yang ada di Kota Dumai. Skripsi. Pekanbaru : Universitas Riau.

Priambodo. 2006. Koperasi Sekolah: Titik Masuk Menguasai “Lingkaran Setan†Pengangguran dan Kewirausahaan. Jurnal Infokop. No.28 Tahun XXII. 2006 Jakarta: Dekopin.

Rudiantoro dan Siregar. 2012. Kualitas Laporan Keuangan UMKM Serta Prospek Implementasi SAK - ETAP. Banda Aceh : Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia.

Soemarso, 2004. Akuntansi Suatu Pengantar, Edisi 5. Jakarta : Salemba Empat.

Sunyoto, Danang. 2013. Kewirausahaan Untuk Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Suryana. 2013. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Edisi Ketiga, Jakarta: Penerbit Salemba.

Tim Penyusun IAI Sumsel. 2014. Pengantar Akuntansi. Edisi Revisi Kedua. Palembang : IAI Wilayah Sumsel.

Winardi.1980. Asas-asas Marketing, Bandung: Penerbit Alumni.

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

Sulbahri, R. A., Rachmawati, Y., Frastuti, M., Putri, Y. A., & Arifin, F. (2019). PERAN AKUNTANSI DAN PEMASARAN DALAM MEMBANGUN KOPERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKANKESEJAHTERAAN ANGGOTA KOPERASI SERTA MENUMBUHKAN ENTREPRENUER DI ERA MILENIAL. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(1). https://doi.org/10.36982/jam.v3i1.726

Issue

Section

Articles