IMPLEMENTASI E-MUSEUM DR. AK. GANI PALEMBANG

Shinta Puspasari, Luis Marnisah

Abstract


Aplikasi berbasis Web untuk pengelolaan koleksi museum dr.AK.Gani berupa e-Museum yang sekaligus dapat berperan sebagai ruang pamer virtual. E-Museum dimanfaatkan untuk pengelolaan informasi mengenai koleksi yang dimiliki oleh museum dr.AK.Gani berupa buku-buku, foto, serta benda peningggalan Pahlawan Nasional MayJen (Purn) dr.AK.Gani.  Sosialisasi aplikasi telah dilakukan dengan berbagai cara, yatu Sosialisasi pada Pameran Sriwijaya Expo di bulan Agustus 2019 serta publikasi lewat media massa. Desain perangkat informative yang didesain sebagai media penyampaian informasi yang lebih menarik telah dibuat dan menjadi alternative bagi pengunjung museum untuk mendapatkan inforasi terkait museum. E-Museum telah diujicobakan kepada kepala museum serta pengguna umum dan diketahui bahwa aplikasi dapat berfungsi dengan baik dan pengguna menjadi lebih tahu mengenai museum dr.AK.Gani serta tertarik untuk dating ke museum. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan layanan dan memudahkan pengunjung mengakses informasi mengenai museum dr.AK.Gani sehingga tertarik untuk datang ke museum dan berdampak pada peningkatan layanan dan ekonomi museum dr.AK.Gani.

Kata kunci : e-Museum, dr.AK.Gani, manajemen koleksi

Full Text:

PDF

References


Rohanda & S. Agustina, “Manajemen Koleksi (Collection Management) Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi ”, Jurnal Iqra Vol.4 No.1 Mei 2010.

Triana Santi, “Manajemen Koleksi (Collection Management) Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi ”, Jurnal Iqra Vol.4 No.1 Mei 2010.

Ulce Oktrivia, “e-Museum: Komodifikasi Informasi Koleksi Museum”, Jurnal Naditira Widya Vol.8 No.1 Tahun 2014.

Yunus, Hadi Sabari. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2010.

Bungin, M. Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2007.

Pressman, Roger.S. Rekayasa Perangkat Lunak. Buku 1. Edisi 7.Penerbit Andi. 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jam.v3i2.827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.