Pengembangan Desain Produk Berbahan Bambu dengan Menggunakan Strategi Desain di Nagari Kumanis Sijunjung (Studi Kasus ; UKM Kerajinan Bambu di Nagari Kumanis, Kabupaten Sijunjung)

Authors

  • Kendall Malik Institut Seni Indonesia Padangpanjang
  • Ferry Fernando ISI Padangpanjang
  • Silvi Amalia ISI Padangpanjang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v5i1.1796

Abstract

Penelitian yang difokuskan adalah mengenai kerajinan bambu di Nagari Kumanis Kabupaten Sijunjung tentang pemanfaatan material bambu sebagai produk potensial dengan menggunakan strategi desain.  Daerah produksi bambu di Sumatera Barat sebagian besar diproduksi di kabupaten Sumpur Kudus di Nagari Tanjung Bonai Aur dan Kumanis, Kabupaten Sijunjung. Nagari memiliki kelompok yang disebut Kerajinan Talago Bambu. Salah satu pusat kerajinan bambu yang telah lama berkembang di Sumatera Barat adalah kerajinan bambu Tanjung Bonai Aur dan Kumanis. Diketahui bahwa kerajinan bambu di nagari Kumanis cukup unik dalam hal aspek teknis, namun dalam aspek strategi desain dan strategi pasar produk bambu belum dieksplorasi dengan baik. Sehingga siklus ekonomi dan produksi bergerak di tempat. Perkebunan bambu di Sumatera Barat adalah milik masyarakat yang dikelola secara mandiri oleh penduduk. Bambu dalam masyarakat nagari Kumanis adalah penting oleh roda ekonomi dan upaya bambu ekonomi mereka sebagai pekerjaan sampingan. Bahkan, warga Minang telah memiliki kebun bambu yang secara tidak langsung sebagai petani bambu. Ini adalah kesempatan bagi penulis dalam proyek desain ini untuk memberikan ide dan ide desain kepada komunitas dan industri kecil (homeindustry). Padahal, bahan bambu belum diolah secara khusus untuk desain produk, terutama untuk desain produk bambu dan Strategi Desain. permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan, mengolah dan memanfaat material bambu sebagai salah satu perkembangan desain pelengkap interior dan sesuai dengan kebutuhan dan selera pasar.

References

Badan Statistik, 2019, Kabupaten Sijunjung Dalam Angka, Penerbit Badan Pusat Statistik Kabupaten Sijunjung.

Frick, Heinz, 2004, Ilmu Konstruksi Bangunan Bambu, Konisius, Yogyakarta.

Heskett, John, 1986, Desain Industri, Rajawali, Jakarta.

Lawson, Bryan, 1980, How Designers Think, The Architectural Press, London.

Oakley, Mark, 1990, Design and Design Management, Aston University Press, United Kingdom (UK).

Panero, Julius and Zelnik, Martin, 1979, Human Dimension and Interior Space, The Architectural Press, London.

Ranjan, M.P, Iyer Nilam and P.Ghanshyam, 1986, Bamboo and Cane Crafts of Northeast India, National Institute of Design, India.

Sachari, Agus, 1986, Desain Desain Gaya dan Realitas, Rajawali Pers, Jakarta.

Ulrich.T.Karl and Eppinger.D.Steven, 1995, Product Design and Development, McGraw-Hill.Inc, Singapore.

Wolchonok, Louis, 1953, Design For Artists and Craftsmen, Dover Publications, ink, New York.

Downloads

Published

2021-11-24

Issue

Section

Articles