Keberadaan Musik Gong Buleuh pada Masyarakat Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi

Authors

  • Deria Sepdwiko Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v5i1.1799

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengungkapkan Keberadaan Musik Gong Buleuh Pada Masyarakat Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi, jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan metode menginterprestasikan fenomena berdasarkan isu-isu seni pada masyarakat Kota Sungai Penuh. Objek penelitian ini adalah Keberadaan Musik Gong Buleuh pada Masyarakat Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Data yang di kumpul melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan berpedoman pada teknik etnografi. Adapun temuan hasil penelitian ini menyatakan bahwa Keberadaan musik Gong Buleuh ini di tengah masyarakat, sangat berperan penting dalam upacara Kenduhai Sko. Keunikan dalam sebuah instrumental yag terbuat dari buluh sesuai dengan keadaan Ekologi daerah Kota Sungai Penuh. Dengan demikian keberadaan musik Gong Buleuh ini tidak terpuruk bagi generasi muda tentunya menggali eksistensi agar tetap dilestarikan oleh budaya khususnya Kota Sungai Penuh. Musik Gong Buleuh  sebagai  kesenian tradisional memberikan makna  dalam kehidupan masyarakat Kerinci dan penampilannya memiliki aturan-aturan tertentu yang tidak boleh dilanggar. Apabila dilanggar akan mendapat sangsi sehingga musik Gong Buleuh bersifat ritual dalam upacara Kenduri Sko. Upacara  Kenduri Sko yang dilaksanakan dalam sepuluh tahun sekali sebagai pembersih benda-benda pusaka juga merupakan ajang silahturrahmi antar lapisan masyarakat. Dalam acara ini tanpa  menampilkan musik Gong Buleuh maka upacara dianggap tidak bermakna bagi masyarakat Kota Sungai Penuh. Dengan adanya musik Gong Buleuh dalam upacara Kenduri Sko masyarakat dapat berkomunikasi dengan tokoh adat dan tokoh masyarakat untuk meresmikan pembukaan Kenduri Sko tersebut.  

References

Adirozal, 2013. Model Pendidikan Seni Ukir Pada Sanggar Tradisional Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar, Disertai,. (Padang:Universitas Negri Padang).

Alan P. Merriam 1980. The Antropology of Musik (Northwestern: University Press).

Agusa Salim, 2006. Teori dan paradigma penelitian sosial (Yogyakarta: Tiara Wacana

Farida, 1997. Tinjauan Organologis dan Musikologis Talempong Batu: Studi kasus di Desa Talang Anau Kecamatan Gunung Mas Kabupaten 50 kota Skripsi; (Padang: IKIP Padang).

Hamka, 1984. Islam dan Adat Minangkabau. Jakarta: Pustaka Panji Mas.

Iskandar Zakaria dalam Tambo Sakti Alam Kerinci 1 (1984).

Julia Brannen, 2005. Memandu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Samarinda: Pustaka Pelajar).

Suwardi Endraswara, 2006. Metodologi penelitian kebudayaan (Yogyakarta: Gajah Mada University Press).

Sugiyono, 2008. Metode penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta)

Y. Sumandiyo Hadi, 2006. Seni Dalam Ritual Agama (Yokyakarta: penerbit Buku Pustaka).

Downloads

Published

2021-11-24

Issue

Section

Articles