ANALISIS KONSEP DAN KOMPONEN VISUAL DASAR POSTER “TOBACCO BREAK HEARTSâ€
DOI:
https://doi.org/10.36982/jsdb.v5i1.1804Abstract
Seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi tentang kesehatan, iklan layanan masyarakat merupakan salah satu media yang tepat untuk dipakai para penggiat dalam melakukan promosi kesehatan. Media sebagai sumber informasi haruslah dirancang sebaik mungkin mulai dari konsep hingga bentuk visualnya. Dalam perkembangannya, media iklan layanan masyarakat di Indonesia masih perlu dikembangkan agar kualitasnya bisa setara secara global. Meningkatnya kualitas media iklan layanan masyarakat akan berdampak positif terhadap target penyampaian pesan secara persuasif, kreatifitas dan inovasi harus terus diterapkan. Berdasarkan hal ini, bidang keilmuan desain komunikasi visual hadir untuk berkolaborasi dalam perancangan media iklan layanan masyarakat sebagai pemecah masalah. Proses perancangan tidak bisa dilakukan secara instan, ada beberapa proses yang harus dilalui seperti proses penyusunan konsep serta layout visual. Dalam menyusun konsep dan layout visual secara mendasar ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan meliputi aspek komunikasi dan aspek visual. Aspek komunikasi dibutuhkan sebagai bentuk strategi komunikasi yang terperinci dalam menyampaikan informasi kepada khalayak, sementara aspek visual dibutuhkan sebagai bentuk penyajian yang baik dalam mempersepsikan gagasan agar media mudah diterima dan diingat oleh khalayak. Metode penelitian secara kualitatif dipakai dalam menganalisis media poster iklan layanan masyarakat sebagai objek penelitian. Pemahaman akan hal tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas media terutama iklan layanan masyarakat yang bergerak di bidang kesehatan.
References
Chasnov, Jeffrey R. 2016. Fibonacci Numbers and the Golden Ratio. Hongkong : Jeffrey R. Chasnov & bookboon
Day, George S. 1999. Market Driven Strategy : Processes for Creating Value, The Free Press, A Division of Simon & Schuster Inc., New York
Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi Offset
Safanayong, Yongky. 2006. Desain komunikasi visual Terpadu. Jakarta: ARTE INTERMEDIA.
RI, Kemenkes. 2012. Kreatif Dalam Iklan Layanan Masyarakat. Jakarta. Kementrian Kesehatan RI
Ruslan, Rosady.2008.Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Rustan, Surianto. 2009. LAYOUT. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Rustan, Surianto. 2011. Huruf Font Tipografi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Venus. 2009. Manajemen Kampanye. Bandung. Simbiosa Rekatama Media
Widyatama, Rendra .2007. Pengantar Periklanan. Yogyakarta : Pustaka Book Publisher
Yulius, Yosef. 2016. Peranan Desain Komunikasi Visual Sebagai Pendukung Media Promosi Kesehatan (Besaung: Jurnal Seni, Desain, dan Budaya Vol.1 No.2). Palembang: LP2MK Universitas Indo Global Mandiri.
Yulius, Yosef. 2018. Pengaplikasian Golden Ratio Pada Perancangan Logo Dalam Perspektif Desain Komunikasi Visual (Besaung: Jurnal Seni, Desain, dan Budaya Vol.3 No.3). Palembang: LP2MK Universitas Indo Global Mandiri.
Sumber Internet
https://www.who.int/campaigns/no-tobacco-day/2018/wntd-2018-instagram-twitter-en.jpg
http://158.232.12.119/campaigns/no-tobacco-day/2018/event/en/
http://jasapresentasi.com/memilif-font-yang-tepat-untuk-presentasi-hebat-serif-vs-san-serif/
(diakses Agustus 2020)
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.