ANALISIS MELODI LAGU ANEUK YATIM CIPTAAN RAFLY KANDE

Authors

  • Abdul Rozak ISI Padangpanjang
  • Haria Nanda Pratama ISI Padangpanjang
  • Rico Gusmanto ISI Padangpanjang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v5i2.1839

Abstract

Aneuk Yatim adalah lagu yang diciptakan pada tahun 1999 oleh Rafly, memiliki pesan dan makna perdamaian dalam merespon persoalan gejolak politik di Aceh, serta merepresentasikan kondisi anak-anak di Aceh pada masa konflik. Melalui lirik maupun melodi, Rafly mampu menciptakan suasana kesedihan yang dapat dirasakan oleh masyarakat terhadap kondisi dan situasi di masa konflik. Vokal pada lagu Aneuk Yatim ciptaan Rafly memiliki struktur dan bentuk melodi yang terdiri dari ornamen musik, susunan perjalanan melodi dan scale. Penelitian ini menguraikan melodi pada lagu Aneuk Yatim ciptaan Rafly Kande menggunakan teori musik Barat. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui metode analisis melodi pada musik Pop di Indonesia umumnya dan musik Pop daerah khususnya. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif, dengan metode analisis deskriptif, dibantu dengan pendekatan etik dan emik untuk mempermudah kelancaran dalam proses pencarian data. Pemilihan metode dan pendekatan dilakukan melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara dengan partisipan. Bentuk dan struktur melodi pada lagu Aneuk Yatim ciptaan Rafly Kande terdiri dari dua bagian dengan tempo 60 bpm, yang masing-masing bagian dibagi dalam dua kalimat/periode. Pada kalimat tersebut disusun berdasarkan bermacam-macam bentuk motif, yang masing-masing motif memiliki melodi dan scale yang diulang pada periode/kalimat selanjutnya dengan sedikit perubahan melodi pada akhir figures (frase penutup). Penggunaan tangganada pada lagu ini adalah Tangganada Minor Asli dan Minor Harmonis, dengan teknik pengembangan sekuen, diminished, dan augmented. Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi acuan dan referensi dalam perspektif objek formal maupun objek material, terkait dengan analisis bentuk dan struktur melodi, pengembangan pola melodi yang dibahas dalam keilmuan musik Barat.

References

Aisyah Ti, dkk. 2008. Darl Islam di Aceh: Analisis Sosial Politik Pemberontakan Regional di Indonesia, 1953-1964. Lhokseumawe: Unimal Press.

Arikunto, Suharsimi. 1978. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Cresswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Denada, Berlian. 2014. “Bentuk Lagu Renungan Pulau Batam karya M.Hasan di Kota Pekanbaru Provinsi Riauâ€, dalam Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

Djohan. 2009. Psikologi Musik. Yogyakarta: Penerbit Best Publisher.

Fontaine, Paul. 1967. Basic Formal Structures in Music. New York: Appleton-Century-Crofts.

Frianto, Ade. 2012. “Makna Pesan Sosial dalam Lirik Lagu ‘Aneuk Yatim’ oleh Rafly Kande (Analisis Semiotika Tentang Makna Pesan Sosial Pada Lirik Lagu ‘Aneuk Yatim’ oleh Rafly Kande†dalam Skripsi. Yogyakarta: Universitas Pembangunan Nasional “Veteranâ€.

Hanefi. 2012. Musikologi Nusantara III. Sekolah Tinggi Seni Indonesia Padangpanjang: Padangpanjang.

Kodijat, Latifah, dkk. 1996. Tangganada dan Trinada. Jakarta: Penerbit Djambaran

Merriam, Alan P., 1987. The Study of Etnomusicology, dalam Antropology of Music. Blomington: Northwestern University Press.

Moleong, j, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nazir, Muhammad. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Permana, Catur, Surya. 2017. “Kajian Musikologis Musik Punklung berjudul ‘Bangkit Kawan’â€, dalam Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, Vol. 2 No. 1. Banten: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Prier. SJ, Karl, Edmund. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Ratna, Nyoman, Kutha. 2010. Metodologi Penelitian: kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Stein, Leon. 1979. Structure and Style, The Study and Analysis of Musical Forms. New Jersey: Summy-Birchard Music.

Takari, Muhammad. 2015. Mengkaji Secara Saintifik Budaya Musik Aceh dari Sisi Struktural dan Fungsional. Aceh: ISBI Aceh.

Wallach, Jeremy. 2017. Musik Indonesia 1997-2001 Kebisingan dan Keberagaman Aliran Lagu (Suntingan: Rahmat Edi Susanto). Depok: Komunitas Bambu.

Downloads

Published

2021-12-08

Issue

Section

Articles