PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PROMOSI “PANANAS” SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS KOTA PRABUMULIH

Authors

  • Alfina Damayanti universitas indo global mandiri
  • Husni Mubarat UIGM
  • Yosef Yulius UIGM

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v7i2.2481

Abstract

Pangsit Nanas adalah salah satu olahan yang dijadikan makanan oleh-oleh khas kota Prabumulih, dimulai sejak tahun 2011 melalui koperasi KOSSUMA yang mengajarkan pengolahan pangsit Nanas kepada UMKM Prabumulih. Pemasaran Pangsit Nanas belum merata sehingga untuk pemesanan ke luar daerah belum bisa dilakukan dan kurangnya media promosi yang membuat Pangsit Nanas ini belum banyak dikenal oleh masyarakat luar daerah Prabumulih. Adapun tujuan dari dari perancangan ini adalah memperkenalkan Pangsit Nanas kepada masyarakat lokal maupun luar daerah, meningkatkan pemasaran Pangsit Nanas sebagai oleh-oleh khas Prabumulih dan meningkatkan media visual promosi agar penjualan tidak hanya di Kota Prabumulih saja. Perancangan Komunikasi visual promosi “Pananas†sebagai oleh-oleh khas Kota Prabumulih ini menggunakan metode perancangan Design Thinking, Design Thinking merupakan alat yang digunakan dalam suatu pemecahan masalah, yang dalam prosesnya design thinking bersifat human centered atau berpusat pada manusia dan menngunakan analisis 5W + 1H. Adapun media-media yang dibuat dalam Perancangan ini, yaitu media utama, media isu dan media pendukung. Media utama yang dibuat adalah Video Promosi Pangsit Nanas dan Packaging, untuk media isu yang dibuat yaitu Poster, X Banner dan Brosur, terakhir media pendukung yang dibuat perancang dalam perancangan ini berupa Piring, T Shirt, Maskot, Merchandise (Pin, Mug dan Gantungan Kunci).

References

Di, A., & Malang, K. (2020). Janayu. 1(1), 32–36. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188

Ekasari, N., Hasanah, N., Siregar, A. P., Sari, N., Nifita, A. T., Jambi, U., Pinang, K., Mendalo, M., Manajemen, P. S., Jambi, U., & Kemasan, D. (2019). Implementasi Digital Marketing dan Inovasi Kemasan Kue Bengen Produk Kuliner Khas Jambi. 1(1), 37–42.

Inovasi, A. P., Resiko, P., Reaksi, D. A. N., Terhadap, P., & Pemasaran, K. (2014). Analisis pengaruh inovasi, pengambilan resiko, otonomi, dan reaksi proaktif terhadap kapabilitas pemasaran ukm kuliner daerah di jabodetabek. 8(2), 90–96. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.90-96.

Laksana (2019:129). (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Wedding Organizer (Studi Pada Konsumen Art Project Lampung di Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Yulius, Y. (2021). Pengaplikasian Golden Ratio Pada Perancangan Logo Dalam Perspektif Desain Komunikasi Visual. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 3(3), 94–99. https://doi.org/10.36982/jsdb.v3i3.492.

Yulius, Y., & Pratama Putra, M. E. (n.d.). BESAUNG JURNAL SENI DESAIN DAN BUDAYA VOLUME 6 No.2 SEPTEMBER 2021 Metode Design Thinking Dalam Perancangan Media Promosi Kesehatan Berbasis Keilmuan Desain Komunikasi Visual.

Downloads

Published

2022-10-05

Issue

Section

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstract views: 334 / PDF downloads: 301