PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE CLASROOM DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SENI MUSIK DI SMA NEGERI 2 OKU

Authors

  • Aji Pradana Universitas PGRI Palembang
  • Ramanata Disurya Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v7i2.2484

Abstract

Penggunaan Google Classroom akan membuat pembelajaran seni musik lebih efektif dan memungkinkan guru dan siswa untuk berkomunikasi secara tatap muka setiap saat melalui kelas online Google Classroom. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penggunaan aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran seni musik online di SMA Negeri 2 OKU?â€. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan “penggunaan aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran musik dan seni online di SMA Negeri 2 OKU. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan rekaman. hasil belajar dievaluasi dari segi pembelajaran.Dalam bentuk gambar pembelajaran, dapat dilihat selama proses pembelajaran bahwa menggunakan aplikasi Google Classroom untuk belajar materi bermain gitar sangat menarik bagi siswa karena menciptakan suasana belajar baru yang memudahkan siswa dalam belajar.

References

Moleong, L.2015. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muhaimin. 2011. Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan Rencaana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana.

Riyanto, 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Rukajat, A 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Sleman: Deepublish.

Simanihuruk,dkk. 2019. E-Learning (Implementasi, Strategi dan Inovasinya). https://books.google.co.id/books?id=hhDGDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=e+learning+implementasi++dan+strategi&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjB7aCGg6LpAhUIT30KHevBDeAQ6AEIJjAA#v=onepage&q=e%20learning%20implementas i%20%20dan%20strategi&f=false ( Diakses pada tanggal 17 Januari 2022, pukul 10.00 WIB).

Soni, dkk. 2011. Optimalisasi Pemanfaatan Google Clasroom Sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, Vol.2 No.1 Hal 17-20.

Sudjana, N dan Rivai. 2012. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung.

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles