PROSES KREATIF PENCIPTAAN TARI RAHIM SUNGAI MUSI DI SUNGAI OGAN KAMPUNG 15 ULU KOTA PALEMBANG

Authors

  • Sonia Anisah Utami Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v7i2.2487

Abstract

Penelitian ini mengemukakan persoalan proses kreatif penciptaan tari Rahim Sungai Musi, ditujukan untuk mengungkap bagaimana gagasan dan praktik kreatif yang dikembangkan oleh koreografer Sonia Anisah Utami, dengan latar belakang kreativitas dalam ranah kultural dan jender yang berbeda. Faktor internal terjadi atas keinginan dari dalam diri, sedangkan faktor eksternal terbentuk atas ruang lingkup berkesenian dalam ruang publik yang konsisten hingga saat ini.  Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, penelitian ini juga akan menggambungkan studi pustaka dan penelitian lapangan. Penelitian ini menghasilkan uraian berupa proses kreatif penciptaan tari Rahim Sungai Musi, serta gagasan kebaruan yang ada pada karya tari Rahim Sungai Musi. Di sisi lain, penelitian ini dapa menjadi refleksi kritis terhadap perkembangan tari dan seniman tari di Indonesia yang dinamis, dengan budayanya yang terus berubah dan beradaptasi dengan situasi kontemporer saat ini. Perlu ditegakkan lagi bahwa kerangka pokok yang menjadi acuan dalam tulisan ini adalah proses kreatif dan hasil.

References

Mubarat H, Muhsin Ilhaq. Telaah Nirmana sebagai Proses Kreatif dalam Dinamika Estetika Visual. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni. Vol 23, No. 1, p. 125-139, Juni 2021.

Mubarat H, Muhsin Ilhaq. Telaah Nirmana sebagai Proses Kreatif dalam Dinamika Estetika Visual. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni. Vol 24, No. 2, p. 164-184, Juni 2022.

Munandar, Utami. 2022. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hadi, Y. Sumandiyo. 2017. Koreografi: Bentuk-Teknik-Isi. Yogyakarta: Cipta Media

Soedarsono. 1978. Tari-tarian Indonesia 1. Jakarta: Balai Pustaka.

Onghokham. 1983. Proses Kesenian Indonesia dari Masa ke Masa. Jakarta: Sinar Harapan.

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles