MEMPERCEPAT USIA AKTOR FILM SECARA OTOMATIS DENGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA APLIKASI FACEAPP DAN EBSYNTH
DOI:
https://doi.org/10.36982/jsdb.v8i1.2831Abstract
Melakukan pergantian usia aktor dalam sebuah film biasanya terjadi dengan menggunakan berbagai metode baik animasi CGI, menggunakan aktor pengganti, menunggu pertumbuhan aktor secara alami, dan make up karakter (efek spesial). Kemajuan teknologi dengan munculnya kecerdasan buatan dalam sebuah aplikasi memberikan cara baru dalam proses pergantian usia aktor film. Menggunakan prinsip otomatisasi aplikasi atau menerapkan kecerdasan buatan untuk mengubah usia aktor dari usia muda menjadi usia tua adalah hal yang akan dijelaskan dalam tulisan ini. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan analisis proses dan hasil akhir sintesis kumpulan gambar untuk melihat kelebihan dan kekurangan (dari segi durasi perubahan wajah dan visual video) dari penggunaan aplikasi FaceApp dan EbSynth. Ini dilakukan untuk memahami apakah aplikasi ini tepat untuk digunakan dalam produksi film. Hasil akhir memperlihatkan bahwa ke dua aplikasi ini dapat digunakan khusus pada adegan sederhana dimana aktornya tidak melihat ke kiri, kanan, atas, dan bawah secara berlebihan karena dapat menimbulkan kerusakan gambar. Jadi untuk produksi film sederhana yang butuh waktu singkat dan dana minim, cara ini masi dapat digunakan untuk produksi film.
References
Achmad Fanany Onnilita Gaffar, R. M. A. B. W. P. (2021). Artificial Intelligence (Konsep Fundamental dan Terapan) (L. Setiawati, Ed.). Media Nusa Creative.
Adamson, A., Peacock, A., Markus, C., & McFeely, S. (2005, December 7). The Chronicles Of Narnia The Lion: The Witch And The Wardrobe. 2005-2010 Walt Disney Pictures 2010-sekarang: 20th Century Fox.
Cameron, J. (1997, November 1). Titanic. Paramount Pictures (Amerika Utara) 20th Century Fox (Internasional).
Cleve, B. (2000). Film Production Management (second Edition) (2nd ed.). British Library.
Dick, S. (2019). Artificial Intelligence. Harvard Data Science Review, 11, 1–9. https://doi.org/10.1162/99608f92.92fe150c
ebsynth. (n.d.). “Bring your paintings to animated life.â€
FaceApp. (2020, June 4). Privacy Policy.
Gonzale, R. C., & Woods, R. E. (2009). Digital Image Processing (second edition). Pearson Education.
Hasil Pencarian - KBBI Daring. (n.d.). Retrieved October 4, 2022, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/citra
Kloves, S. (2001, November 4). Harry Potter and the Sorcerer’s Stone. Warner Bros.
Kloves, S. (2011, July 13). Harry Potter and the Deathly Hallows (part 2). Warner Bros. Pictures.
Manovich, L. (2002). The language of new media. MIT press.
Markus, C., & McFeely, S. (2019, April 22). Avengers: Endgame. Walt Disney Studios dan Motion Pictures.
McCarthy, J., Minsky, M. L., Rochester, N., & Shannon,
C. E. (1995). A Proposal for the Dartmouth Summer Research Project on Artificial Intelligence. https://doi.org/https://doi.org/10.1609/aimag.v27i4
.1904
Musgrove, J. (2013). Make-Up, Hair and Costume for Film and Television (1st Edition). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780080496184
Nasution, D., Harumy, T. H. F., Haryanto, E., Fachrizal, F., Julham, & Turnip, A. (2015). A classification method for prediction of qualitative properties of multivariate EEG-P300 signals. 2015 International Conference on Automation, Cognitive Science, Optics, Micro Electro-Mechanical System, and Information Technology (ICACOMIT), 82–86. https://doi.org/10.1109/ICACOMIT.2015.7440180
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.