Pengaplikasian Golden Ratio Pada Perancangan Logo Dalam Perspektif Desain Komunikasi Visual

Authors

  • Yosef Yulius Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v3i3.492

Abstract

Abstract

In the scientific field of visual communication design, the logo is one of the most frequently made designs and has a good market share. Along with the times, designing a logo work has undergone various forms and forms of transitions. The design process has also undergone innovation from various aspects ranging from concepts to the final results. The amount of market demand for a good logo makes the logo designers try to maximize the logo making process to match the expected results. One form of the logo-making process is by applying the golden ratio as a benchmark in determining the proportion and order of a harmonious and regular form to produce an aesthetic visual form. Understanding of the golden ratio is needed as a guide for graphic designers to be able to create a design work that has a basis for structured patterns and arrangements.

Keywords : Logo, Graphic Design, Visual Communication Design, Golden Ratio, DKV

 

Abstrak

Dalam bidang  desain komunikasi visual, logo merupakan salah satu karya desain yang paling sering dibuat dan memiliki pangsa pasar yang baik. Seiring dengan perkembangan jaman, perancangan sebuah karya logo telah mengalami berbagai macam transisi bentuk dan rupa. Proses perancangannya pun telah mengalami inovasi dari berbagai aspek mulai dari konsep hingga hasil akhirnya. Banyaknya permintaan pasar akan logo yang baik membuat para perancang logo berusaha memaksimalkan proses pembuatan logo agar sesuai dengan hasil yang diharapkan. Salah satu bentuk proses pembuatan logo adalah dengan cara mengaplikasikan golden ratio sebagai patokan dalam menentukan proporsi dan tatanan bentuk yang harmonis dan teratur untuk menghasilkan bentuk visual yang estetis. Pemahaman akan golden ratio dibutuhkan sebagai panduan para desainer grafis untuk dapat menciptakan suatu karya desain yang memiliki landasan akan pola dan tatanan yang terstruktur.

Kata Kunci : Logo, Desain Grafis, Desain Komunikasi Visual, Golden Ratio, DKV

Author Biography

Yosef Yulius, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Desain Komunikasi Visual

References

Anindita, Marsha dan Riyanti, Teguh, Menul. 2016. Tren Flat Design Dalam Desain Komunikasi Visual

(Jurnal Dimensi DKV Vol.1 No.1). Jakarta: FSRD Universitas Trisakti

Chasnov, Jeffrey R, 2016. Fibonacci Numbers and the Golden Ratio. Hongkong : Jeffrey R. Chasnov & bookboon

Harnoko, Irwan. 2016. Petungan Sebagai Sistem Ukuran Dalam Desain Komunikasi Visual Jawa (JurnalDesain Vol.4 No. 1) Jakarta : Universitas Bina Nusantara

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi Offset

Safanayong, Yongky. 2006. Desain komunikasi visual Terpadu. Jakarta: ARTE INTERMEDIA.

Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sriwitari, Ni Nyomandan Widnyana, I Gusti Nyoman, 2014.DesainKomunikasi Visual, Yogyakarta, Graha Ilmu.

Yulius, Yosef. 2016. Peranan Desain Komunikasi Visual Sebagai Pendukung Media Promosi Kesehatan (Besaung: Jurnal Seni, Desain, dan Budaya Vol.1 No.2). Palembang: LP2MK Universitas Indo Global Mandiri.

Downloads

Published

2021-03-01

Issue

Section

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstract views: 3126 / PDF downloads: 2633