Peran dan Pengaruh Tampilan Desain pada Periklanan

Authors

  • Heri Iswandi Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v3i3.493

Abstract

Abstract

Communication has an aesthetic value that is applied in communication practices such as news writing, romance, novels, radio broadcasting, television, graphic arts, rhetoric, acting, screenplay writing, book writing and so on. Thus, it is clear that there is a common thread that links communication with graphic design practice. Graphic design is used as a communication tool as applied to static media, such as books, magazines, and brochures, catalog flyers, newspaper pamphlets, and so forth. In addition, in line with the times, graphic design is also applied in electronic media, often referred to as interactive design or multimedia design. Palembang Pos Daily newspaper is a newspaper that appears in the middle of the competition of information media business, on the one hand benefiting consumers, because they can get many sources of information. But when viewed from the other side is also very threatening media industries that have already appeared. This problem requires the managers of the media industry, innovate, modify its products by designing an attractive design to be able to make consumers interested. It can be concluded that, how the design elements are very instrumental in advertising media.

Keywords :  Communication, Design, Graphics, Roles, Advertising.

 

Abstrak

Komunikasi memiliki nilai estetika yang diterapkan dalam praktik-praktik komunikasi seperti penulisan berita, roman, novel, penyiaran untuk radio, televisi, seni grafika, retorika, akting, penulisan skenario, penulisan buku dan sebagainya. Maka, jelaslah terdapat benang merah yang menghubungkan komunikasi dengan praktik desain grafis. Desain grafis digunakan sebagai alat komunikasi seperti diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur, catalog flyer, pamplet Koran, dan lain sebagainya. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Harian Umum Palembang Pos merupakan surat kabar yang muncul di tengah persaingan bisnis media informasi, di satu sisi menguntungkan konsumen, karena mereka bisa mendapatkan banyak sumber informasi. Namun apabila dilihat dari sisi lain juga Sangat mengancam industri-industri media yang sudah lebih dulu muncul. Permasalahan ini mengharuskan para pengelola industri media, berinovasi, memodifikasi produknya dengan cara merancang desain yang menarik untuk bisa membuat konsumen tertarik. Hal ini bisa disimpulkan bahwa, bagaimana unsur desain sangat berperan sekali pada media periklanan.

Kata kunci : Komunikasi, Desain, Grafis, peran, Iklan

Author Biography

Heri Iswandi, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Desain Komunikasi Visual

References

Alam, Samsir dan Haris Susanto. 1993. Pekinagan Dalam Kehidupan Masyarakat Di Sumatera Selatan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Sumatera Selatan, Palembang.

Bagus, Lorens. 1996. Kamus Filsafat. Gramedia, Jakarta

Djelantik, A.A.M. 2004. Estetika Sebuah Pengantar. MSPI bekerja sama dengan Arti, Bandung.

Ebdi Sanyoto, Sadjiman, 2010. Nirmana; Elemen-Elemen Seni dan Desain. Jalasutra, Yogyakarta.

Kartika, Darsono Sony. 2007. Kritik Seni. Rekayasa Sains, Bandung.

Kutha Ratna, Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

M, Soegeng Toekio. 2000. Mengenal Ragam Hias Indonesia. Angkasa Bandung, Bandung.

Sachari, Agus. 2002. Estetika, Makna, Simbol dan Daya. Penerbit ITB, Bnadung.

Subana, M. 2009. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. CV. Pustaka Setia, Bandung.

Susanto, Mike. 2011. Diksi Rupa; Kumpulan Istilah dan Gerakan Seni Rupa. DictiArt Lab, dan Jagad ArtSpace Bali,Yogyakarta.

Tinarbuko, Sumbo. 2013. Semiotika Komunikasi Visual. Jalasutra, Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-03-01

Issue

Section

Articles