Perancangan Kampanye Cara Pintar dalam Berhemat Listrik Prabayar

Authors

  • Sutikno Try Setyo universitas indo global mandiri
  • Heri Iswandi Universitas Indo Global Mandiri
  • Yosef Yulius Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v4i1.1747

Abstract

Inovasi Pemerintah dengan menghadirkan pelayanan listrik prabayar atau yang lebih dikenal dengan “listrik pintar†dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. PLN memperkenalkan layanan listrik prabayar yang bisa mengatur sekaligus mengecek pemakaian listrik sendiri, namun sebagian orang enggan menggunakan listrik prabayar karena dianggap lebih boros dan lebih mahal dibandingkan listrik dengan sistem pembayaran pascabayar.Perancangan Kampanye Cara Pintar dalam Berhemat Listrik Prabayar ini bertujuan untuk mengajak masyarakat serta mengubah stigma negatif yang ada di masyarakat tentang listrik prabayar itu sendiri. Hasil dari perancangan ini ternyata saat perancangan kampanye ini dipamerkan ke publik, tidak sedikit masyarakat yang merespon, bahkan banyak diantaranya yang hanya tau menggunakan atau mengkonsumsi saja, tanpa memikirkan penghematan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kampanye serta sosialisasi tentang penghematan energi ternyata sangat penting dan direspon positif oleh masyarakat.

References

Ebdi Sanyoto, Sadjiman. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan, Dimensi Press, Yogyakarta.

Ebdi Sanyoto, Sadjiman. 2005. Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain,Yogyakarta.

Kusrianto Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. ANDI Yogyakarta.

M. Suyanto. 2005. MULTIMEDIA alat untuk meningkatkan Keunggulan Bersaing, ANDI, Yogyakarta

Maria Agustina S. 2010. Desain komunikasi Visual – Teori dan Aplikasi, ANDI, Yogyakarta

Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Estetika Sastra danBudaya. Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Sanyoto Drs. Sadjiman Ebdi. 2006. Metode Perancangan Komunikasi VisuaPeriklanan, Dimensi Press, Yogyakarta

Yulius, Yosef. 2016. Pengaplikasian Golden Ratio Pada Perancangan Logo Dalam Perspektif Desain Komunikasi Visual(Diakses Pada 20 Oktober 2018)

Iswandi, Heri. 2018. Peran dan Pengaruh Tampilan Desain pada Periklanan(Diakses Pada 20 Oktober 2018)

Sumardjati, Prih. 2008. Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta.

Suryatmo F. 2014. Dasar-Dasar Teknik Listrik. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Downloads

Published

2021-10-12

Issue

Section

Articles