Kreatifitas Tya Setyawati dalam Pertunjukan Sandek Pemuda Pekerja Karya Arifin C. Noer

Authors

  • Yurina Gusanti ISI Padangpanjang
  • Sahrul N ISI Padangpanjang
  • Edward Zebua ISI Padangpanjang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v3i2.486

Abstract

Abstract

Research Tya Setyawati  in directing the play slip Sandek Pemuda Pekerja Arifin C. Noer is research to know how Tya Setyawati worl in directing. The way of work is observed both in its activities in directing the cast and while directing the artistic order in staging.Observation of the object of research begins by looking intensive from staging play Sandek Pemuda Pekerja who was directed by Tya Setyawati. The from includes spectacles that are presented on stage such as acting, artistic and music illustration. The next observation is done by looking at the steps of Tya Setyawati  in processing the occurrence of creativity  and how creativity is manifested in the directing work,namely when directing tje play Sandek Pemuda Pekerja, arifin. C. Noer.

Keywords : Staging, Creativity, Directin.

 

Abstrak

Penelitian Kreatifitas Tya Setyawati dalam penyutradaraan lakon Sandek Pemuda Pekerja karya Arifin C.Noer merupakan penelitian untuk mengetahui cara kerja Tya setyawati dalam menyutradarai. Cara kerja tersebut diamati baik dalam aktivitasnya dalam menyutradarai para pemeran maupun saat menyutradarai tata artistik dalam pementasan. Pengamatan terhadap objek penelitian dimulai dengan melihat secara intensif wujud pementasan lakon Sandek Pemuda Pekerja yang di sutradarai Tya Setyawati. Wujud tersebut meliputi spektakel yang dihadirkan keatas panggung, antara lain: akting, artistik dan ilustrasi musik. Pengamatan berikutnya dilakukan dengan melihat tahapan kerja Tya setyawati dalam memproses terjadinya kreativitas dan bagaimana kreativitas tersebut di manifestasikan dalam kerja penyutradaraan, yakni pada saat menyutradarai lakon Sandek Pemuda Pekerja karya Arifin. C. Noer.

Kata kunci : Pementasan, Kreativitas, Penyutradaraan.

Author Biographies

Yurina Gusanti, ISI Padangpanjang

Program Pascasarjana

Sahrul N, ISI Padangpanjang

Program Pascasarjana

Edward Zebua, ISI Padangpanjang

Program Pascasarjana

References

Anirun, Suyatna, 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI Press.

----------------, 1996.Menjadi Aktor. Bandung: CV Tri Utama Jaya.

Brecht, Bertold, 1976. Organon Kecil Untuk Teater, diterjemahkan oleh DR Boen S. Oemarjati, Majalah Budaya jaya, no 102, Th IX, november/1976

Birowo, Pandu, 2007. Gema Seni: Jurnal Komunikasi, Informasi dan Dokumentasi Seni dalam Pemikiran dan Praktek Teater Brecht: Epik, Efek-Alienansi, dan Historifikasi,Padangpanjang:UPT Komindok STSI Padangpanjang.

Dewojati, Cahyaningrum, 2010. Drama: Sejarah, Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Harymawan, RMH, 1993. Dramaturgi. Bandung: Rosda Karya.

Hasanuddin, 1996. Drama,Karya Dalam Dua Dimensi, Bandung: Angkasa.

J. Waluyo, Herman, 1994. Drama dan Pengajarannya, Bandung: Rosda.

N. Riantiarno, 2011. Kitab Teater Tanya Jawab Seputar Seni Pertunjukan,Jakarta: PT Gramedia

R. Sarjono, Agus, 1996.Kapita Selekta Teater, Bandung: STSI Press.

Sugiyono, Prof, Dr., 2008. Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sitorus, D. Eka, 2003. The art of acting: Seni Peran Untuk Teater, Film dan TV, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, Putu, 1997. Ngeh: Kumpulan Esai Putu Wijaya, Jakarta: Pustaka Firdaus.

Yudiaryani, 2002. Panggung Teater Dunia,Perkembangan dan PerubahanKonvensi Seni Teater, Yogyakarta: Pustaka Gondho Suli.

Downloads

Published

2018-09-08

Issue

Section

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstract views: 324 / PDF downloads: 304