Strategi Personal Branding Komposer Musik di Media Sosial (Studi Kasus Personal Branding Alffy Rev di Instagram)

Penulis

  • Dwinita Ratnasari Pascasarjana ISI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1716

Abstrak

Alffy Rev merupakan seorang komposer musik yang memiliki karakter musik digital yang dikolaborasikan dengan nuansa etnik. Alffy Rev membangun merek pribadinya melalui media sosial seperti instagram. Penelitian ini dibuat untuk menunjukkan sebuah strategi personal branding yang dibuat oleh Alffy Rev dalam perjalanannya hingga sekarang ditinjau melalui media sosial instagram. Proses tersebut terangkum dalam bentuk teori strategi personal branding yang terdiri dari delapan hukum yaitu : Spesialisasi, Kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, kenampakan, kesatuan, keteguhan, maksud baik. Semua hukum tersebut membentuk suatu karakter atau identitas dari seorang personal, dan yang terpenting yaitu konsisten dalam menjalankannya. Dengan berjalannya strategi branding tersebut, Alffy Rev menyebutkan brand namanya adalah aset besar yang hingga saat ini masih dipertahankan kekuatannya. Personal branding merupakan salah satu strategi marketing dimana sangat penting untuk diupayakan oleh seorang komposer musik. Pada umumnya eksistensi seniman musik lebih dominan kepada penyanyi dan musisi. Sebelum era digital, image komposer musik hanyalah orang yang membuat musik dan bekerja dibelakang panggung. Tidak banyak orang bisa mengapresiasi karya komposer musik karena kurang terkenalnya atau tidak banyak di publikasi oleh media. Namun setelah hadirnya media sosial, mulai bermunculan komposer musik yang bisa dibilang lebih dominan dari pada penyanyinya. Penyanyi berperan sebagai pendamping komposer musik atau biasa disebut dengan istilah  featuring.

Referensi

Afrilia, Ascharisa Mettasatya. 2018. Personal Branding

Remaja di Era Digital. Jurnal Komunikasi, Vol 11 (1), Juni 2018, 20-30

Harahap, Frida Deliana. 2005. Kalaesdokopik Komponis

dalam Musik Kontemporer Di Indonesia. USU

e – Journals etnomusikologi. Vol. 1 No. 2 September 2005

Hariseno, Hudharto. 2020. Modul Kewirausahaan Musik

dari Ikubator Musisi.Magetan.

Jones, Michael L. 2012. The Music Industries from

Conception to Consumption. Universitas of Liverpool, UK. Palgrave Macmillan

Mustari, Muhamad dan Rhman, M. Taufiq. 2012.

Pengantar Metode Penelitian.Yogyakarta.

LaksBang Pressindo.

Prasetyo, Bambang D. dan Febriani, Nufian S. 2020.

Strategi Branding Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Malang. UB Press.

Studienarbiet. 2014. Managing a Mediacompany in the

“Digital Ageâ€. The Effects of Web 2.0 and Social Media on Music Industry. Deutsch. Grin.

Profil Alffy Rev diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Alffy_Rev pada 19 Mei 2021

Profil Alffy Rev diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Alffy_Rev pada 19 Mei 2021

Instagram Alffy Rev diakses dari https://instagram.com/alffy_rev?igshid=xcmk4k6z018r pada 19 Mei 2021

Youtube Alffy Rev diakses dari https://youtube.com/channel/UCJpxfn2SxQ6NyH_lkvqitpQ pada 19 Mei 2021

Diterbitkan

2021-09-17

Terbitan

Bagian

Articles