PELAJARAN SENI BUDAYA PADA PELAKSANAAN PPL MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP 35 NEGERI PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.36982/jsdb.v6i1.1832Abstrak
Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), meningkatkan mutu lulusan serta sebagai pra-kondisi mahasiswa calon guru mengenali lingkungan sekolah dan mendapatkan pengalaman mengajar. Berbeda dengan pelaksanaan PPL sebelumnya, fenomena pandemi Covid-19 terjadi bertepatan dengan pelaksanaan PPL tahun 2020. Kondisi yang tidak biasa tersebut menuntut pihak pelaksana dan pihak terkait lainnya untuk bijaksana menyikapi keadaan tersebut. Kepala Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi dan mendeskripsikan pembelajaran seni budaya dengan materi pokok seni rupa, seni musik dan seni tari di sekolah SMP 35 Negeri Palembang oleh mahasiswa peserta PPL masa pandemi covid-19, mulai dari persiapan perangkat pembelajaran, sistem pelaksanaan pembelajaran dan teknik evaluasi. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian, kebijakan kepala sekolah yang tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah baik pusat maupun daerah, mahasiswa peserta PPL tetap melaksanakan pembelajaran secara daring menggunakan aplikasi pilihan masing-masing.
Referensi
Ats-Tsauri, Muhammad Sufyan. Munastiwi, Erni. (2020) Strategi Kepala Madrasah Dalam Menentukan Kebijakan Pembelajaran Era Covid-19: Studi Kasus Kepala Madrasah Ibtidaiyah NW Pondok Gedang. ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2 (2), 2655-6324 diakses dari http://riset.unisma.ac.id/index.php/je.
Dewi, Mutiara Sari. (2020). Sequential Exploratory: Pembelajaran Seni Tari Bagi Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah di Masa Pandemi Covid-19. ElementerIs: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2 (1), 2655-6324 diakses dari http://riset.unisma.ac.id/index.php/je
FKIP. (2020). Pedoman Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan. Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Gischa, Serafica. (2020, Maret 18). Pandemi Apa itu?. Diakses dari. https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/18/150000269/pandemi-apa-itu?/
Mubarok, Ramdanil. (2020). Model Pengelolaan Praktek Lapangan Pada Masa Pandemi. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2 (5), 2685-9939 diakses dari: http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola
Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan. Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.2014.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.