EMBROIDERY CRAFT BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY THROUGH PRODUCT DESIGN IN KOTA PARIAMAN
DOI:
https://doi.org/10.36982/jsdb.v7i1.2025Abstrak
Usaha Kerajinan Sulaman tradisional di Kota Pariaman merupakan keterampilan yang didapatkan secara turun temurun, sehingga pengusaha sulaman dalam mengembangkan usaha masih tradisonal dan menggunakan desain motif produk yang lama. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi berbagai faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi usaha kerajinan sulaman Kota Pariaman serta merumuskan alternatif strategi yang digunakan. Hasil Penelitian mendiskripsikan Analisis SWOT pada Tabel IFAS skor kekuatan 2,2 dan kelemahan 0,65, sehingga memiliki daya saing kekuatan sebesar 1,55. Sedangkan Tabel EFAS menggambarkan skor peluang 2,9 dan skor ancaman sebesar 0,32, sehingga daya saing peluang sebesar 2,58. Pada diagram SWOT posisi usaha sulaman kota Pariaman berada pada kuadran growth (pertumbuhan ), maka alternatif strategi yang digunakan adalah strategi SO, Strategi WO, Strategi ST dan Strategi WT. Strategi WO adalah melakukan inovasi dan perbaikan desain motif produk dengan motif baru seperti : motif siriah gadang, motif pucuak rabuang, motif itiak pulang patang, motif saluak laka, motif aka cino dan motif kombinasi kaluak paku dan kacang balimbiang.
Referensi
Agustina M.Hum, dkk (2010). Tema ragam Hias Ukiran Minang kabau Sebagai Sumber Inspirasi Inovasi Batik pada Industri Kecil dan Rumah tangga, Laporan Penelitian Hibah Kompetitif, Padang : UNP
Budiwirman (2018). Songket Minangkabau Sebagai Kajian Seni Rupa : Bentuk, Makna, Fungsi , Pakaian Adat Minangkabau, Padang : Penerbit CV.Berkah Prima.
Efriza. A.( 2002). Studi Tentang Pelaminan Asli dan Pelaminan Modifikasi Di Kecamatan Payakumbuh Barat. Padang: UNP
Ernawati. (2008). Pengelolaan Tata Busana. Padang: UNP Press
Eddy Yunus (2016). Manajemen Strategis, Yogyakarta : Penerbit Andi Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Offset
Ghalib A. Polnaya (2015). Strategi pengembangan Ekonomi Lokal Untuk Meningkatkan Daya Saing pada UKM Ekonomi Kreatif batik Bakaran Di Pati Jawa Tengah, Skripsi, Semarang : Univ.Diponegoro.
Handayani, Kunthi. (2005). Desain Hiasan Busana. Jakarta: Direktorat
Maleong J. Lexy. (2006). Metodologi Penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Marlina, Apri. (2013). Perubahan Pelaminan Minang Kabau (studi kasus pada pelamian usaha ibu). Padang: UNP.
Putri Dahlia (2021). Makna Simbolis Motif Batik Produk Rumah Batik Minang di Nagari Panyakalan Kabupaten Solok Sumatera Baratâ€, Jurnal Deskovi Volume 4 Juni 2021. Univ. Hasan Maarif Hasyim Latif.
Rangkuti,.Freddi.(2013) Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Bandung : Balai Pustaka
Rita Ayu, Rahmadanis (2016), “ Strategi Bertahan Industri Sulaman Benang Emas di Desa Naras I Pariaman “, Skripsi, Padang : UNP
Rahmad Washinton (2015).Visualisasi Motif Itiak Pulang Patang Pada Kriya Kayu. Jurnal Ekpresi Seni Volume 17 N0.2 No.2015 . Padang panjang: ISI
Ranelis & Kendal Malik (2018). Pengembangan desain dan Motif Sulam Koto Gadang Sumatera Barat, Padang Panjang : ISI
Sri Wahyuni, (2015). “Studi Tentang Sulaman Tangan Pada Pelaminan Tradisional Naras di Kecamatan Pariaman Utara KotaPariamanâ€. Skripsi
Wisliana (2014). “ Profil Usaha Kerajinan Sulaman Naras di Desa Naras Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman “ Skripsi
Yenni, Idrus. (2012). Desain Ragam Hias dengan Corel Draw. Padang. UNP
Zahri, Wildati. 2012. Sulaman. Padang: FT UNP
Yanuarmi, Dini (2009), Sulaman tangan Amai Setia Koto Gadang bukittinggi: Kajian Filosofi dan Fungsi, Jurnal Ekspesi Seni Ilmu Pengetahuan dan Karya
Seni, Edisi Mei 2009, Padang Panjang : ISI
https://www.google.com/search?rlz=1C1CHBF (2021)
-----------(2020). Kota Pariaman Dalam Angka, Kota Pariaman: BPS
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.