PEMBELAJARAN MENGGAMBAR MODEL ALAT MUSIK TRADISIONAL DENGAN TEKNIK POINTILIS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 41 PALEMBANG

Penulis

  • Mutiara Istiqomah Universitas PGRI Palembang
  • Deria Sepdwiko Universitas PGRI Palembang
  • Rio Eka Putra Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v7i2.2482

Abstrak

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang memiliki wujud pasti dan memanfaatkan unsur seni rupa, termasuk ke dalam bentuk gambar, lukis, patung dan lainnya. Seni menggambar model alat musik tradisional dengan teknik pointilis merupakan salah satu wujud pembelajaran karya seni rupa pada siswa kelas VIII SMPN 41 Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pembelajaran menggambar model alat musik tradisional dengan teknik pointilis pada siswa kelas VIII SMPN 41 Palembang?â€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran menggambar model alat musik tradisional dengan teknik pointilis pada siswa kelas VIII SMPN 41 Palembang. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif untuk memperoleh data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai "Pembelajaran Menggambar Model Alat Musik Tradisional dengan Teknik Pointilis pada Siswa Kelas VIII SMPN 41 Palembang". Penelitian mendapatkan hasil yang sudah cukup baik pada siswa kelas VIII dalam melakukan proses pembelajaran dengan bimbingan Ibu Andi bunga, S.Pd selaku guru seni budaya. Pembelajaran yang memerlukan proses latihan dan kesabaran dalam menggambar dengan titik-titik serta ketepatan dalam menentukan kesan gelap terang, serta alat pena/drawing pen pada teknik pointilis. Melalui penelitian ini diharapkan siswa dapat mengembangkan bakat dan kemampuannya dalam bidang menggambar.

Referensi

Burhan, B. (2007). PENELITIAN KUALITATIF Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Grup.

Deria, S. (2020). Pembelajaran Musik Ansambel Rebana menggunakan Metode Drill pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang. Laga - Laga.

Imam, G. (2016). METODE PENELITIAN KUALITATIF Teori & Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Marga, T. E. (2020). Mastering Pencil. Surabaya: Genta Group Production.

Masnuna. (2018). Pengantar Ilustrasi. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Mubarat, H, Ilhaq, M (2021). Telaah Nirmana sebagai Proses Kreatif Dalam Dinamika Estetika Visual. Jurnal Ekspresi Seni, 7.

Patriansyah, M. (2020). Kajian Strukturalisme dalam Melahirkan Sebuah Karya Seni. Besaung, Jurnal Seni desain dan Budaya, 5(2), 59-64.

Patriansah, M., Halim, B., & Putra, M. E. P. (2021). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Lomba Gambar Bercerita Di SD 226 Palembang. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 188-194.

Purnomo, H. R. (2017). Seni Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Santoso, M. E. (2018). Teknik Dasar Menggambar Bentuk. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Shoimin, Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran INOVATIF Dalam Kuikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sofyan Salam, S. B. (2020). Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makassar: Badan Penerbit UNM

Diterbitkan

2022-10-06

Terbitan

Bagian

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstrak di lihat: 447 / PDF di download: 750