PEMBELAJARAN TARI TANGGAI MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 46 PALEMBANG

Penulis

  • Rindy Seftin Universitas PGRI Palembang
  • Liza Murniviyanti Universitas PGRI Palembang
  • Auzy Madona Adoma Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v7i2.2483

Abstrak

Pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk terjadinya proses pembelajaran, kegiatan yang dilakukan untuk menginisiasi, memfasilitasi, dan meningkatkan intensitas dan kualitas belajar pada peserta didik Pelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat dalam berbagai pengalaman apresiasi maupun pengalaman berkreasi untuk menghasilkan suatu karya yang nyata dan bermanfaat  langsung bagi kehidupan peserta didik salah satunya ialah mata pelajarlan seni budaya. Mata pelajaran seni budaya pada dasarnya merupakan pendidikan seni berbasis budaya yang memiliki aspek-aspek meliputi seni rupa, seni musik, seni tari, dan juga keterampilan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Pembelajaran Tari Tanggai Menggunakan Metode Drill Pada Kelas VII Di Smp Negeri 46 Palembang? Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hasil Pembelajaran Tari Tanggai Menggunakan Metode Drill Pada Kelas VII Di Smp Negeri 46 Palembang. Metode yang dipakai pada penelitian adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah tringulasi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa hasil data penelitian yang telah dilakukan oleh penulis baik melalui teknik observasi,teknik wawancara dan dokumentasi menunjukkan bahwa ketika pembelajaran tari Tanggai terlihat baik dikarenakan guru yang mengajar seni budaya di SMP Negeri 46 Palembang cukup aktif, dapat membuat perangkat pembelajaran yang lengkap dan terperinci sesuai dengan yang ditetapkan kurikulum, serta fasilitas yang cukup. Proses pembelajaran tari Tanggai menggunakan metode Drill memberikan hasil yang positif bagi guru dan siswa terbukti dengan melihat proses belajar siswa yang sangat antusias dengan pembelajaran tari Tanggai dan dilihat dari hasil    penilaian yang diperoleh pada siswa dari kelas VII.2 mendapatkan nilai rata-rata 86 sedangkan nilai tertinggi 90 dan yang terendah 75.

Referensi

Aunurrahman. 2014. â€Belajar dan Pembelajaranâ€. Bandung, p. Alfabeta. Boeree.

Darmadi, H. (2013). Dimensi-Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial Bandung: Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta, p. Rineka Cipta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hera. (2018). Fungsi Tari Tanggai Palembang. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Husni. (1996). Acara pergelaran Acara Adat Perkawinan Palembang : Pemerintahan Daerah Tingkat II Palembang.

Hamalik, O., (2011), Proses Belajar Mengajar. Jakarta, p. Bumi Aksara.

-------. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (cetakan 13) Jakarta, p. Rineka Cipta.

-------. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (edisi revisi). Jakarta, p. Rineka Cipta.

Kinesti, R. D. (2013). Proses Pembelajaran Seni Tari Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Di SMP Negeri 1 Batangan Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. lib.unnes.ac.id , 7-15.

Laksana, R. B. (2017). Pengetahuan Dasar Kesenian. Depok: Rajawali Pers.

Prastowo, A. (2010). Menguasai Teknik-Teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Diva Press.

Salim, H. d. (2012). STRATEGI PEMBELAJARAN (Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan

Diterbitkan

2022-10-10

Terbitan

Bagian

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstrak di lihat: 317 / PDF di download: 330