Makna Media Kampanye Bagi Pemilih Pasangan Mahyeldi Dan Audy Joinaldy Pada Pilkada Sumatera Barat Tahun 2020
DOI:
https://doi.org/10.36982/jsdb.v8i1.2827Abstrak
Penelitian ini tentang“Makna Media Kampanye Bagi Pemilih Pasangan Mahyeldi Dan Audy Joinaldy Pada Pilkada Sumatera Barat Tahun 2020â€. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media kampanye pasangan Mahyeldi dan Audy Joinaldy pada pilkada Sumatera Barat tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Data dianalisis menggunakan analisis teori desain komunikasi visual, SWOT dan teori semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, media kampanye menjadi salah satu faktor penentu dalam upaya mendapatkan raihan suara terbanyak, terutama dalam mengkomunikasikan pesan dan tujuan personal branding kepada para pemilih. Adanya logo khusus (MA) pada media kampanye sebagai personal branding kedua pasang calon menjadi daya tarik tersendiri dalam proses kampanye yang dilakukan. Logo MA (Mahyeldy Audy) selalu muncul dalam setiap media kampanye yang dipublikasikan seperti spanduk, baliho, umbul-umbul dan media kampanye lainnya; Kedua, terdapatnya bentuk media utama dan media pendukung, saling berkaitan serta konsisten bentuk media kampanye yang digunakan. Media utama seperti logo, adanya keunikan simple, sederhana, elegant, identitas minangkabau, serta menarik perhatian sedangkan media pendukung seperti baliho, umbul-umbul, spanduk saling konsisten, keseragaman, unik dari segi figure atau foto, tagine, ikon logo, tipografi, dan warna. Makna media terdapat dari segi beberapa pandangan diantaranya komunikasi politik, antropologi politik, sosiologi politik dan lainnya.
Referensi
Agus Sachari dan Yan Yan Sunarya. 2002. Sejarah Dan Perkembangan Desain Dan Dunia Kesenirupaan Di Indonesia, Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Anggraini, Lia., dan Nathalia, Kirana. 2014. Desain Komunikasi Visual Dasar..., Bandung: Nuansa Cendekia.
Barthes, Roland. 2012. Elemen-elemen Semiologi. Jogjakarta: IRCiSod.
Budiman, Kris. 2002. Semiotika Visual. Yogyakarta: Jala Sutra.
Bulaeng, Andi, 2004. Metode Penelitian Komunikasi Kontemporer: ANDI
Bungin, B. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Bungin, Burhan, 2008. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Jakarta.
Djajasudarma, T. Fatimah. 1999. Semantik 2, Pemahaman Ilmu Makna. Bandung: PT Refika Aditama.
Eco, Uberto. 2009. Teori Semiotika: Signifikasi dan komunikasi. Yogyakarta: Kreasi Wacana Perum Sidorejo Bumi Indah.
Kemal, Iskandar. 2009. Pemerintahan Nagari Minangkabau dan Perkembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Keraf, G. (2002). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Koentjaraningrat. 1983. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Kepustakaan
Kusrianto, Adi. 2009. Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta: Andi
Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.
Malik, Kendal. 2016. Kapita Selekta Desain: Suatu Pengantar dalam Perkembangan dan Pengaruh Desain. : LPPMPP ISI Padangpanjang
Nafisah, Khudrotun. 2019. Pengawasan Kampanye Jombang: PISDM Bawaslu. Pragmatik). Bandung: Yrama Widya.
Rahayu, Silpia. 2014. Kajian Makna Logo dan Slogan Universitas Pendidikan Indonesia: perpustakaan.upi.ed.
Rustan, Surianto. 2013. Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia
Sobur, A. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Soewardikoen, Didit Widiatmoko. 2020. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual.: Kanisius.
Sudaryat, Yayat. 2009. Makna dalam Wacana (Prinsip-prinsip Semantik dan
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendektan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tinarbuko, Sumbo. 2003. Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual. Desain Komunikasi.Vol.5. No.1
Tinarbuko, Sumbo. 2014. Semiotika Komunikasi Visual.: Jalasutra.
Wahyuningsih, Sri 2020. Desain Komunikasi Visual: Prinsip Semiotik Untuk Desain Grafis. Yogyakarta:
Wiratma, I Made Leo dkk. Panduan Lengkap Pemilu 2019. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Yanti, Eva. 2020. Suatu Pengantar: Metode Dan Riset Desain Komunikasi Visual DKV. DIY: Peerbit Deepublish
Zed, Metika, 2004, Metode Penelitian Kepustakaan, Yayasan Obor Indonesia, IKAPI DKI Jaya
Diskografi
www.youtube.com
www.youtube.com/watch?v=YLTe0pbnc3k&t=9s
Webtografi
https://katadata.co.id/agung/berita/625538cd327a4/kampanye-adalah proses-komunikasi-ini-ciri-ciri-dan-jenisnya
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.