PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL BOARD GAME PENGENALAN DESTINASI WISATA KOTA PALEMBANG UNTUK ANAK USIA 9-12 TAHUN

Penulis

  • Maharani Maharani Universitas Indo Global Mandiri
  • Yosef Yulius Universitas Indo Global Mandiri
  • Bobby Halim Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v8i1.2830

Abstrak

Kota Palembang merupakan kota yang di dalamnya terdapat banyak destinasi wisata baik alam, buatan manusia, ataupun wisata sejarah dan budaya. Kota Palembang merupakan ibu kota provinsi di Sumatera Selatan. Kajian utama penelitian ini dititikberatkan pada identifikasi, analisa dan perancangan pada karya prototype board game dan media pendukung lainnya. Perancangan ini menggunakan metode perencanaan design thinking meliputi premedia, main media dan follow up media. Data dikumpulkan melalui observasi, kusioner, wawancara, literatur dan website. Data tersebut kemudian diidentifikasi, diklasifikasi, diseleksi, selanjutnya dianalisis menggunakan metode 5W+1H, SWOT dan di interpretasikan sesuai teks dan konteksnya. Perancangan komunikasi visual board game pengenalan destinasi wisata kota Palembang untuk anak  usia 9-12 tahun ini digunakan sebagai media komunikasi visual yang merupakan pembahasan perancangan ini. Perancangan ini bertujuan mengenalkan destinasi wisata yang ada di kota Palembang kepada khalayak sasaran yaitu anak usia 9-12 tahun. Dalam perancangan ini adapun media-media yang dihasilkan adalah board game, poster, t-shirt, keychain, buku, pena, pouch, tumbler, tas, dan topi.

Referensi

Adhirajasa, U., & Sanjaya, R. (1980). Perkembangan Flat Design dalam Web Design dan User Interface ( UI ).

Darmalaksana, W., & Ag, M. (2020). Metode Design Thinking Hadis. Bandung:Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Lazuardi, M. L., & Sukoco, I. (2019). Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.35138/organum.v2i1.51

Potensi, A., Wisata, O., Kapitan, K., & Kota, D. I. (2016). ANALISIS POTENSI OBJEK WISATA KAMPUNG KAPITAN DI KOTA PALEMBANG Maharani Oktavia. 1(1).

Supriyono, Rakhmat (2010). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta:Penerbit Andi.

Suwena, I, Ketut., & Widyatmaja, I, Gusti, Ngurah. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar:Pustaka Larasan.

Wahyuningsih, Sri. (2015).Deain Komunikasi Visual. Bangkalan – Madura:

UTM PRESS.

Witari, Ni, Nyoman, Sri., & Widnyana, I, Gusti, Nyoman. (2014). Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Yulius, Y. (2016). Peranan Desain Komunikasi Visual Sebagai Pendukung Media Promosi Kesehatan. Jurnal Seni, Desain Dan Budaya, 1(2), 42–47. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/Besaung/article/view/132.

Yulius, Y., & Halim, B. (2020). ANALISIS KONSEP DAN KOMPONEN VISUAL DASAR POSTER “ TOBACCO BREAK HEARTS .†5(1), 81–87.

Yuwono, Agus., & Indrajit, Richardus, Eko. (2020). Pengantar Konsep Dasar Design Thinking. Yogyakarta:Penerbit Andi.

Diterbitkan

2023-03-07

Terbitan

Bagian

Articles