PERANCANGAN DESAIN KEMASAN KUMBU MAKANAN KHAS PALEMBANG

Penulis

  • Didiek Prasetya Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech
  • Destia Nur Anita Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech
  • Siddiq Rahmanto Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v8i1.2894

Abstrak

Kemasan merupakan rancangan yang dibuat untuk melindungi suatu produk dengan memperhatikan bentuk, warna, material maupun elemen-elemen desain agar kemasan menjadi lebih menarik. Kumbu Kacang Merah merupakan makanan khas Palembang yang masih di buat dengan tradisional dan turun temurun dengan bahan seperti kacang merah, kelapa, dan gula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat desain kemasan kumbu menjadi lebih menarik dan juga lebih banyak memperkenalkan kumbu kepada masyarakat lebih luas bahwa adanya makanan khas Palembang yaitu kumbu kacang merah. Metode perancangan yang digunakan adalah metode perancangan Chuck Groth yaitu menentukan masalah dan solusi, menentukan hirarki, membuat sketsa thumbnail , pemetaan, mengaplikasikan desain template, dan membuat mock up, dengan hasil kemasan berbentuk persegi panjang yang mengikuti bentuk kumbu aslinya.

Referensi

Aji, P., & Purba, D. 2021. Perancangan Kemasan Kemplang Tunu (Laporan Tugas Akhir, Politeknik Palcomtech, Palembang).

Bastian, I., Winardi, R. D., & Fatmawati, D. 2018. Metoda Wawancara. Metoda Pengumpulan Dan Teknik Analisis Data, September 2018.

Dewi, C. M., Hairiza, A., & Limbong, E. G. 2020a. Warna sebagai Identitas Merek pada Kemasan Makanan Tradisional Kembang Goyang Khas Betawi. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 2(01), 9–13. https://doi.org/10.30998/vh.v2i01.150

Haeril, F. K., Mercu, U., & Jakarta, B. 2021. Analisis Semiotika Logo Ortholinks. Pemenang Kontes Logo 99 Desain. 2(1), 31–40.

Mardatilah, A. 2016. Aplikasi Fotografi Dalam Rancangan Buku Katalog Wisata Kota Lama Semarang. In Universitas Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Syamsudin, A. 2015. Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2882

Widiati, A. 2020. Peranan Kemasan (Packaging) dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di “Mas Pack†Terminal Kemasan Pontianak. Jaakfe untan Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura, 8(2).https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670

Diterbitkan

2023-03-16

Terbitan

Bagian

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstrak di lihat: 1266 / PDF di download: 1369