Video Sebagai Media Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Pempek Di Kota Palembang

Penulis

  • Sukma Putra Agung Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Mukhsin Patriansah Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Aji Windu Viatra Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Indo Global Mandiri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v8i2.2941

Abstrak

Pempek adalah makanan tradisional dari Kota Palembang provinsi Sumatera Selatan. Makanan ini terbuat dari bahan dasar sagu dan ikan. Dikarenakan pempek adalah makanan yang kaya akan protein dan rasanya yang khas pempek adalah makanan yang digemari masyarakat Kota Palembang. Di daerah manapun di Kota Palembang tidak sulit untuk menemukan pempek dari yang berjualan menggunakan sepeda maupun restoran yang sudah besar. Dalam kaca mata ilmu Desain Komunikasi Visual (DKV) promosi perancangan memiliki peran yang sangat vital dalam membangun citra suatu produk kepada khalayak publik agar lebih dikenal dan diminati oleh masyarakat luas. Metode perancangan yang dilakukan yakni 5W+2H yaitu what, where, when, who, why, how dan how much.  Masalah utama dari tulisan ini adalah bagaimana membangun citra kuliner pempek agar mendapatkan kepercayaan konsumen. Pemecahan masalahnya melalui video sebagai media promosi pempek sebagai makanan yang sudah menjadi identitas dari kota Palembang. Beberapa media pendukung lainnya yang mendukung video promosi ini adalah poster, video promosi, packaging, kaos, x-banner dan paper bag. Melalui video promosi ini diharapkan mampu membangun citra dan memiliki andil dalam memajukan serta meningkatkan penghasilan dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Palembang.

Diterbitkan

2023-09-20

Terbitan

Bagian

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstrak di lihat: 354 / PDF di download: 317