Board Game Sebagai Media Literasi Digital Mengenai Pemajuan Kebudayaan di Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.36982/jsdb.v8i2.2978Abstrak
Perancangan Desain Komunikasi Visual board game mengenai Pemajuan Kebudayaan ini merupakan perancangan yang bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat khususnya pelajar dalam memanfaatakan literasi digital untuk pemajuan kebudayaan, pemajuan kebudayaan sendiri merupakan upaya untuk meningkatkan ketahanan dan konstribusi kebudayaan yang ada di Indonesia di tengah masuknya budaya global yang terus menerus berubah, melalui pelindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan kebudayaan pada masyarakat, perancangan ini dirancang melalui observasi, dokumentasi dan juga kajian kepustakaan yang diolah melalui metode design thinking dengan meracik dan memilah kebutuhan dari target sasaran, board game dipilih karena salah satu media permainaan yang banyak digunakan di bidang pendidikan kepada siswa dari SD hingga perguruan tinggi dan telah banyak diteliti, selain itu board game dapat meningkatkan kerja sama dan keinginan belajar siswa sehingga memberikan pengalaman yang tidak monoton khususnya dalam media pembelajaran, board game ini akan dibalut dengan unsur kebudayaan Sriwijaya serta memasukan nilai-nilai literasi digital didalamnya agar target audiens dapat mengetahui pemanfaatan literasi digital dalam pemajuan kebudayaan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sinta Amelia Sinta Amelia, Heri Iswandi, Yosef Yulius
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.