Board Game Sebagai Media Literasi Digital Mengenai Pemajuan Kebudayaan di Kota Palembang

Penulis

  • Sinta Amelia Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Heri Iswandi Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Indo Global Mandiri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v8i2.2978

Abstrak

Perancangan Desain Komunikasi Visual board game mengenai Pemajuan Kebudayaan ini merupakan perancangan yang bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat khususnya pelajar dalam memanfaatakan literasi digital untuk pemajuan kebudayaan, pemajuan kebudayaan sendiri merupakan upaya untuk meningkatkan ketahanan dan konstribusi kebudayaan yang ada di Indonesia di tengah masuknya budaya global yang terus menerus berubah, melalui pelindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan kebudayaan pada masyarakat, perancangan ini dirancang melalui observasi, dokumentasi dan juga kajian kepustakaan yang diolah melalui metode design thinking dengan meracik dan memilah kebutuhan dari target sasaran, board game dipilih karena salah satu media permainaan yang banyak digunakan di bidang pendidikan kepada siswa dari SD hingga perguruan tinggi dan telah banyak diteliti, selain itu board game dapat meningkatkan kerja sama dan keinginan belajar siswa sehingga memberikan pengalaman yang tidak monoton khususnya dalam media pembelajaran, board game ini akan dibalut dengan unsur kebudayaan Sriwijaya serta memasukan nilai-nilai literasi digital didalamnya agar target audiens dapat mengetahui pemanfaatan literasi digital dalam pemajuan kebudayaan.

Diterbitkan

2023-09-20

Terbitan

Bagian

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstrak di lihat: 310 / PDF di download: 540