Penggarapan Ragam Hias dengan Teknik Gradasi pada Pembelajaran Seni Rupa

Penulis

  • Muhsin Ilhaq Universitas PGRI Palembang
  • Rio Eka Putra Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v4i4.797

Abstrak

ABSTRACT

Learning resources are basically available in the surrounding environment. A learning approach based on the surrounding environment will provide a more interesting learning experience and can stimulate positive motivation. In order for the learning process to be carried out well, enrichment of the learning resources needs to be done. This study aims to get an overview of learning methods based on the surrounding environment by utilizing decorative ornaments at the Palembang Great Mosque as a learning resource. Furthermore, through this research researchers are expected to get a formulation of the use of decorative ornaments at the Palembang Great Mosque as a source of learning. Aside from being a form of support for the government in the context of inheritance and maintaining physical cultural products in the form of written documentation. It is very rare to find art textbooks, especially about decoration. In fact, the author has not yet found a textbook specifically discussing the various decorations in Palembang, so this research needs to be done. The author is of the opinion that, the use of ornamental diversity at the Palembang Grand Mosque as a source of learning art knowledge can be done through two methods namely, observing forms of ornamentation directly in the field or through enriching learning resources.

Keywords : Learning Resources, Decorative Ornament, visual arts learning

ABSTRAK

Sumber belajar pada dasarnya sudah tersedia di lingkungan sekitar. Pendekatan belajar berbasis pada lingkungan sekitar akan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan dapat merangsang motivasi positif. Agar proses belajar terlaksana dengan baik, maka pengayaan sumber belajar perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran metode pembelajaran berbasis lingkungan sekitar dengan memanfaatkan ragam hias pada mesjid Agung Palembang sebagai sumber belajar. Selanjutnya, melalui penelitian ini diharapkan peneliti mendapatkan suatu formulasi pemanfaatan ragam hias pada Mesjid Agung Palembang sebagai sumber belajar. Di samping sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam rangka pewarisan dan menjaga produk budaya fisik berupa dokumentasi tertulis. Sangat jarang ditemukan buku teks seni rupa, terutama tentang ragam hias. Faktanya, penulis belum menemukan buku teks secara khusus membahas ragam hias yang ada di Palembang, sehingga dengan demikian penelitian ini perlu dilakukan. Penulis berpendapat bahwa, Pemanfaatan ragam hias pada Mesjid Agung Palembang sebagai sumber belajar pengetahuan seni rupa dapat dilakukan melalui dua metode yakni, pengamatan bentuk ragam hias secara langsung di lapangan maupun melalui pengayaan sumber belajar.

Kata kunci : Sumber Belajar,  Ragam Hias, Pembelajaran seni rupa

Biografi Penulis

Muhsin Ilhaq, Universitas PGRI Palembang

Program Studi Sendratsik

Rio Eka Putra, Universitas PGRI Palembang

Program Studi Sendratsik

Referensi

Abdullah, Ramli. 2012. Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal ilmiah Didaktika, Volume XII (2). Banda Aceh

Ilhaq, Muhsin. 2016. Bentuk dan Penempatan Ornamen pada Mesjid Agung Palembang. Jurnal Ekspresi Seni, Volume 18 (2). Padangpanjang

Mudana, I Wayan. 2007. Pengetahuan Lokal dalam Epistemologi Relasional: Kajian Filsafat Kebudayaan. Jurnal Seni Budaya Mudra, Volume 21(2). Bali

Mubarat, Husni dan Iswandi. 2018. Kajian Estetika Seni Ukir Kayu Khas Palembang pada Al- Qur’an Al-Akbar (Laporan Penelitian). Universitas Indo Global Mandiri (UIGM). Palembang

________________________.2018. Aspek-aspek Estetika Ukiran Kayu Khas Palembang Pada Al-Quran Al Akbar. Jurnal Ekspresi Seni, Vol 20 (2). Padangpanjang.

Nawiyanto, Endrayadi. 2016. Kesultanan Palembang Darussalam: Sejarah dan Warisan Budayanya. Jember University Press dan Penerbit Tarutama Nusantara. Jember

Rosyada, Dede. 2013. Urgensi Media Untuk Sukses Proses Pembelajaran (kata sambutan). Dalam: Arsyad. 2014. Media Pembelajaran (edisi revisi). PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Rohidi. Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Cipta Prima Nusantara Semarang. Semarang

Reswari, Ardhani. 2015. Sejarah Masjid Agung Palembang. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/ardhani-reswari/

Sitepu, B.P. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sudira, Made Bambang Oka. 2010. Ilmu Seni Teori dan Praktik. Inti Prima. Jakarta

Diterbitkan

2019-09-12

Terbitan

Bagian

Articles