PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SEMEN BATURAJA DI PALEMBANG PADA PT SEMEN BATURAJA (PERSERO) Tbk

Authors

  • Hamid Halin Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.35908/jeg.v3i2.477

Abstract

Bersamaan dengan perkembangannya, perusahaan industri dituntut untuk bersaing dengan sesama perusahaan sejenis agar dapat menciptakan produk dengan spesifikasi terbaik untuk kepuasan pelanggan yang terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan semen Baturaja di Palembang pada PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk, menggunakan metode kuantitatif penelitian statistik dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen bisnis yang menjadi mitra bisnis PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk di Palembang dan sampel adalah 78 responden yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil uji validitas instrumen menunjukkan bahwa r hitung ≥ r tabel artinya semua pernyataan item valid dan reliabilitas di atas 0,70 yang berarti reliabel. Jika dilihat berdasarkan uji t, menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah (5,232) ≥ t tabel (1,665) sig (0,000) ≤ 0,05. Ini menunjukkan bahwa kualitas produk sebagian dipengaruhi kepuasan pelanggan. Dari hasil korelasi, menunjukkan bahwa hubungan antara kualitas produk dan kepuasan pelanggan dengan asumsi moderat yaitu 51,5%. Kemudian, koefisien determinasi (R2) adalah 0,265 atau 26,5% dari kualitas produk pada kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya 73,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci;  Kualitas Produk, Pelanggan, Kepuasaan, Sement Baturaja

Author Biography

Hamid Halin, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Manajemen

References

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Hayati, Yetty Husnul & Gracia Sekartaji. (2015). “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di Restoran Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut Soloâ€. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi. Volume 1. No. 1. ISSN 2502-1400.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, (terjemahan Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli AK). Jakarta: PT. Ikrar Mandiriabadi.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Manajemen 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Kusumawati, Andriani. (2014). “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonald’s MT.Haryono Malang)â€. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 15, N0 1.

Nisfiana, Dewi Nurun. (2009). “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen dalam Membeli Daging Sapi ( Studi pada konsumen depot daging Mubarokah, Mojokerto)â€. Jurnal Manajemen Pemasaran. Volume 1. No. 1.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CAPS (Center for Akademic Publishing Service).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabetha.

Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: C.V Andi Offse

Wardhana, Aditya dan Panzy Syaparilwadi. (2015). “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Perusahaan Konveksi Fazryâ€. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 1. No. 1.

Widjoyo, Iksan Ongkos, Leonid Julivan Rumambi, & Yohanes Sondang Kunto. (2013). “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Layanan Drive Thru McDonald’s Basuki Rahmat di Surabayaâ€. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1. No. 1.

http://www.kemenprin.go.id/pasokan-semen-nasional diakses pada hari: Senin, 05 Desember 2016.

http://www.semenbaturaja.co.id diakses pada hari: Kamis, 01 Desember 2016.

http://www.indocement.co.id diakses pada hari :senin, 05 Desember 2016

http://www.holcim.co.id diakses pada hari: Senin, 05 Desember 2016.

http://www.semenpadang.co.id diakses pada hari: Senin, 05 Desember 2016.

http://www.bosowa.co.id/grupusaha/page/semen diakses pada hari : Senin, 05 Desember 2016.

http://www.sementonasa.co.id/profilebrief.php diakses pada hari : Senin, 05 Desember 2016.

Downloads

Published

2018-08-31

How to Cite

Halin, H. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SEMEN BATURAJA DI PALEMBANG PADA PT SEMEN BATURAJA (PERSERO) Tbk. Jurnal Ecoment Global, 3(2), 79–94. https://doi.org/10.35908/jeg.v3i2.477
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstract views: 5892 / PDF downloads: 4813