Service Quality Sebagai Pengukuran Kepuasan Siswa dan Orang Tua/Wali Murid SMP Muhammadiyah 1 Gombong

Penulis

  • Gempar Pribadi Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.36982/jiegmk.v11i1.1057

Abstrak

ABSTRACT

This study aims to measure the level of satisfaction of students and parents or guardians of students of the quality of service at SMP Muhammadiyah 1 Gombong. The method used in this research is quantitative descriptive. The sample in this study used all members. The sampling technique in this study used a census, totaling 256 respondents (128 grade IX students and 128 parents or guardians of class IX students) in the 2019/2020 school year. The instrument test uses the CFA (Confirmatory Factor Analysis) validity test and Cronbach Alpha reliability. The data analysis technique in this study uses Arithmetic Mean. The results showed that of the total 107 respondent students, students dominantly answered neutral to the human resource variable as much as 28.04%, and the dominant curriculum variable answered very dissatisfied which was 38.32%, and to the dominant infrastructure variable answered very dissatisfied with a number of 35.51%. For parents or guardians of students, from a total of 93 respondents, the human resource variable dominant student guardians answered neutral 55.91%, the dominant curriculum variable answered neutral a number of 62.37%, and the dominant infrastructure variable said neutral, a number of 55.91%..

Keywords: School Service Quality, Student Satisfaction, Student Guardian Satisfaction ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan siswa dan orang tua atau wali murid terhadap service quality SMP Muhammadiyah 1 Gombong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh anggota populasi. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan sensus, sebanyak 256 responden (128 siswa kelas IX dan 128 orang tua atau wali murid kelas IX) tahun ajaran 2019/2020. Uji instrumen menggunakan uji validitas CFA (Confirmatory Factor Analysis) dan reliabilitas Cronbach Alpha. Adapun Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Aritmatik Mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total responden 107 siswa, secara dominan siswa menjawab netral terhadap variabel sumber daya manusia yaitu sebanyak 28,04%, dan pada variabel kurikulum dominan menjawab sangat tidak puas yaitu sejumlah 38,32%, serta terhadap variabel sarana prasarana dominan menjawab sangat tidak puas yaitu sejumlah 35,51%. Untuk orang tua atau wali murid, dari total responden 93 orang, terhadap variabel sumber daya manusia wali murid dominan menjawab netral 55,91%, pada variabel kurikulum dominan menjawab netral sejumlah 62,37%, serta pada variabel sarana prasarana dominan menjawab netral yaitu sejumlah 55,91%.

Kata Kunci: Kualitas Layanan Sekolah, Kepuasan Siswa, Kepuasan Wali Murid

Biografi Penulis

Gempar Pribadi, Universitas Ahmad Dahlan

Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Referensi

Tjiptono, Fandi. 2015. Strategi Pemasaran Edisi IV. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Shaleh, Abdul Rahman. 2014. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta : Prenada Media.

Tjiptono, Fandi., dan Chandra, Gregorius. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Penerbit Andi. Fasani, Rizkan Faif. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan

Pendidikan Terhadap Kepuasan Siswa di SMA

MTA Surakarta Tahun 2016. Surakarta : UNS. Tjiptono, Fandi., dan Chandra, Gregorius. 2012.

Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Penerbit Andi. Mauludin, Hanif. 2010. Marketing Research: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi.

Jakarta:ElexMediaKomputindo.

Supriyanto, S. dan Ernawati, 2010. Pemasaran Industri

Jasa Kesehatan. Yogyakarta : Penerbit CV Andi

Offset

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun

tentang Standar Nasional Pendidikan. Sopiatin, Popi. (2010). Manajemen Belajar Berbasis

Kepuasan Siswa. Cilegon: Ghalia Indonesia. Rafisqy, Zhafran Ghani Al. (2017, 11 Oktober). Skala Pengukuran dalam Ilmu Statistik Lengkap Contoh. Dikutip 13 September 2019 dari

https://ekspektasia.com/skala-pengukuran/ Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung :

Alfabeta.

A. Zeithaml, V. Parasuraman, A. and L. Berry L. 1985.

“Problems and Strategies in Services Marketingâ€.

Jurnal of Marketing Vol. 49. (Spring).

Lovelock, C, dan Wirtz, John. 2011. Pemasaran Jasa

Perspektif edisi 7. Jakarta : Erlangga

Armstrong, Gary dan Philip Kotler. 2015. Dasar-dasar

Pemasaran. Jilid 1. Jakarta : Prenhalindo.

Bitner, M. J. dan Zeithaml, V . A.. 2003. Service Marketing (3rd ed.). New Delhi : Tata McGraw Hill Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Rangkuti, Freddy. (2011). Riset Pemasaran. Jakarta, PT.

Gramedia Pustaka.

Ghozali, Imam. 2004. Aplikasi Analisis Multivariate

dengan Program SPSS. Semarang : Badan

Penerbitan Universitas Diponegoro.

Kuntjojo. 2009. Metode Penelitian. Kediri: Universitas

Nusantara PGRI.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar

Mengajar. Bandung : Sinar

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung:

Alfabeta.

Gasela, Ega. 2018. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan

Jasa Terhadap Kepuasan Peserta Didik Pada Lembaga Bimbingan Belajar Bahana Ilmu Kota Bandar Lampung [skripsi]. Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Marlius, Doni. 2017. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Website Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada STIE “KBPâ€. Jurnal Iptek Terapan. 12 (i2). 116-128.

Ningsih, Dyah Ayu, dkk. 2018. Hubungan Persepsi Tentang Kualitas dan Pelayanan Pendidikan dengan Kepuasan Orang Tua Siswa Sekolah Menengah

Kejuruan Negeri. Jurnal Adminitrasi dan

Manajemen Pendidikan. 1 (2). 245-254.

Putra, I Komang Mahayana. dkk. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa, Citra, dan Positive Word Of Mouth Politeknik Negeri Bali. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan. 11

(1). 90-102.

Rahmidini, Annisa. dkk. 2015. Pengaruh Kualitas

Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Lulusan Prodi DIII Kebidanan di STIKES Respati Tasikmalaya. CR Journal. 1 (1). 31-46.

Yuniarti, Yenny. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Jambi. Trikonomika. 13 (1). 49–61.

Diterbitkan

2020-07-16

Cara Mengutip

Pribadi, G. (2020). Service Quality Sebagai Pengukuran Kepuasan Siswa dan Orang Tua/Wali Murid SMP Muhammadiyah 1 Gombong. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 11(1), 22–28. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v11i1.1057

Terbitan

Bagian

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstrak di lihat: 1334 / PDF di download: 1299