Service Quality Sebagai Pengukuran Kepuasan Siswa dan Orang Tua/Wali Murid SMP Muhammadiyah 1 Gombong
DOI:
https://doi.org/10.36982/jiegmk.v11i1.1057Abstrak
ABSTRACT
This study aims to measure the level of satisfaction of students and parents or guardians of students of the quality of service at SMP Muhammadiyah 1 Gombong. The method used in this research is quantitative descriptive. The sample in this study used all members. The sampling technique in this study used a census, totaling 256 respondents (128 grade IX students and 128 parents or guardians of class IX students) in the 2019/2020 school year. The instrument test uses the CFA (Confirmatory Factor Analysis) validity test and Cronbach Alpha reliability. The data analysis technique in this study uses Arithmetic Mean. The results showed that of the total 107 respondent students, students dominantly answered neutral to the human resource variable as much as 28.04%, and the dominant curriculum variable answered very dissatisfied which was 38.32%, and to the dominant infrastructure variable answered very dissatisfied with a number of 35.51%. For parents or guardians of students, from a total of 93 respondents, the human resource variable dominant student guardians answered neutral 55.91%, the dominant curriculum variable answered neutral a number of 62.37%, and the dominant infrastructure variable said neutral, a number of 55.91%..
Keywords: School Service Quality, Student Satisfaction, Student Guardian Satisfaction ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan siswa dan orang tua atau wali murid terhadap service quality SMP Muhammadiyah 1 Gombong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh anggota populasi. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan sensus, sebanyak 256 responden (128 siswa kelas IX dan 128 orang tua atau wali murid kelas IX) tahun ajaran 2019/2020. Uji instrumen menggunakan uji validitas CFA (Confirmatory Factor Analysis) dan reliabilitas Cronbach Alpha. Adapun Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Aritmatik Mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total responden 107 siswa, secara dominan siswa menjawab netral terhadap variabel sumber daya manusia yaitu sebanyak 28,04%, dan pada variabel kurikulum dominan menjawab sangat tidak puas yaitu sejumlah 38,32%, serta terhadap variabel sarana prasarana dominan menjawab sangat tidak puas yaitu sejumlah 35,51%. Untuk orang tua atau wali murid, dari total responden 93 orang, terhadap variabel sumber daya manusia wali murid dominan menjawab netral 55,91%, pada variabel kurikulum dominan menjawab netral sejumlah 62,37%, serta pada variabel sarana prasarana dominan menjawab netral yaitu sejumlah 55,91%.
Kata Kunci:Â Kualitas Layanan Sekolah, Kepuasan Siswa, Kepuasan Wali Murid
Referensi
Tjiptono, Fandi. 2015. Strategi Pemasaran Edisi IV. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Shaleh, Abdul Rahman. 2014. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta : Prenada Media.
Tjiptono, Fandi., dan Chandra, Gregorius. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Penerbit Andi. Fasani, Rizkan Faif. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan
Pendidikan Terhadap Kepuasan Siswa di SMA
MTA Surakarta Tahun 2016. Surakarta : UNS. Tjiptono, Fandi., dan Chandra, Gregorius. 2012.
Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Penerbit Andi. Mauludin, Hanif. 2010. Marketing Research: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi.
Jakarta:ElexMediaKomputindo.
Supriyanto, S. dan Ernawati, 2010. Pemasaran Industri
Jasa Kesehatan. Yogyakarta : Penerbit CV Andi
Offset
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun
tentang Standar Nasional Pendidikan. Sopiatin, Popi. (2010). Manajemen Belajar Berbasis
Kepuasan Siswa. Cilegon: Ghalia Indonesia. Rafisqy, Zhafran Ghani Al. (2017, 11 Oktober). Skala Pengukuran dalam Ilmu Statistik Lengkap Contoh. Dikutip 13 September 2019 dari
https://ekspektasia.com/skala-pengukuran/ Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung :
Alfabeta.
A. Zeithaml, V. Parasuraman, A. and L. Berry L. 1985.
“Problems and Strategies in Services Marketingâ€.
Jurnal of Marketing Vol. 49. (Spring).
Lovelock, C, dan Wirtz, John. 2011. Pemasaran Jasa
Perspektif edisi 7. Jakarta : Erlangga
Armstrong, Gary dan Philip Kotler. 2015. Dasar-dasar
Pemasaran. Jilid 1. Jakarta : Prenhalindo.
Bitner, M. J. dan Zeithaml, V . A.. 2003. Service Marketing (3rd ed.). New Delhi : Tata McGraw Hill Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Rangkuti, Freddy. (2011). Riset Pemasaran. Jakarta, PT.
Gramedia Pustaka.
Ghozali, Imam. 2004. Aplikasi Analisis Multivariate
dengan Program SPSS. Semarang : Badan
Penerbitan Universitas Diponegoro.
Kuntjojo. 2009. Metode Penelitian. Kediri: Universitas
Nusantara PGRI.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar
Mengajar. Bandung : Sinar
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung:
Alfabeta.
Gasela, Ega. 2018. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan
Jasa Terhadap Kepuasan Peserta Didik Pada Lembaga Bimbingan Belajar Bahana Ilmu Kota Bandar Lampung [skripsi]. Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Marlius, Doni. 2017. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Website Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada STIE “KBPâ€. Jurnal Iptek Terapan. 12 (i2). 116-128.
Ningsih, Dyah Ayu, dkk. 2018. Hubungan Persepsi Tentang Kualitas dan Pelayanan Pendidikan dengan Kepuasan Orang Tua Siswa Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri. Jurnal Adminitrasi dan
Manajemen Pendidikan. 1 (2). 245-254.
Putra, I Komang Mahayana. dkk. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa, Citra, dan Positive Word Of Mouth Politeknik Negeri Bali. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan. 11
(1). 90-102.
Rahmidini, Annisa. dkk. 2015. Pengaruh Kualitas
Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Lulusan Prodi DIII Kebidanan di STIKES Respati Tasikmalaya. CR Journal. 1 (1). 31-46.
Yuniarti, Yenny. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Jambi. Trikonomika. 13 (1). 49–61.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Â
LP2M Indo Global Mandiri University has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that has been published in this journal.