Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Herbalife di Healthy Glow Skin
DOI:
https://doi.org/10.36982/jiegmk.v13i2.2364Abstrak
Kepuasan pelanggan didefinisikan sebagai tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (atau hasil) yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kepercayaan, dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pengguna Herbalife pada Healthy Glow Skin. Populasi dalam penelitian berjumlah 100 pelanggan yang digunakan sebagai sampel penelitian. Berdasarkan acuan tersebut maka sampel penelitian ini sebesar jumlah indikator yang berjumlah 12 dikalikan 8 dengan jumlah 96 responden, maka sampel penelitian ini di bulatkan menjadi 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner.Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis (uji F, uji t, koefisien determinasi). Hasil penelitian menyatakan bahwa Citra merek, kepercayaan, dan nilai pelanggan dengan hasil Fhitung > Ftabel (31,892 > 2,7664) maka dapat diartikan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Citra merek berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien regresi yang benilai positif (0,263) dan signifikan dengan nilai signifikansi hitung sebesar 0,001 dan lebih kecil dari 0,05 dan t hitung (3,517) > t tabel (2,6984) yang berarti hipotesa citra merek mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang diterima.Kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien regresi yang benilai positif (0,338) dan signifikan dengan nilai signifikansi hitung sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05 dan t hitung (4,210) > t tabel (2,6984) yang berarti bahwa hipotesis kepercayaan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang diterima. Nilai pelanggan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien regresi yang benilai positif (0,236) dan signifikan dengan nilai signifikansi hitung sebesar 0,001 dan lebih kecil dari 0,05 dan t hitung (3,347) > t tabel (2,6984) yangUnduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Theresya Nur laila
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Â
LP2M Indo Global Mandiri University has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that has been published in this journal.