Pengaruh Tanggungjawab Aparat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepercayaan Masyarakat Kepada Pemerintah Pada Kecamatan Tugumulyo Musirawas
DOI:
https://doi.org/10.36982/jiegmk.v9i1.434Abstrak
Abstract
This study aims to determine the effect of the responsibility of the apparatus and the quality of service to the level of public confidence to the Government in Tugumulyo District Musirawas. The design of this study using questionnaires filled by 108 respondents. There is a positive influence of responsibilities (X1) and Quality of Service (X2) collectively to the Government's Trustworthiness to the Government (Y). through significance test by using the F distribution, obtained the value of Fhitung equal to 47,8598 while the critical value of Ftable value with degrees of free of denominator 2 denominator 105 on α (0,01) obtained value Ftable equal to 4,79 so it proved that Fhitung (47,8598) > Ftable (4.79). Thus, the variables of responsibility and quality of services together can increase the Community's Trustworthiness Against the Government. There is a positive influence of Responsibility (X1) on Community Trustworthiness to Government (Y). Through the test of significance with t test statistic, obtained tcount value for b1 of 3.453 while ttable with degrees of free 105 at α (0.025) is equal to 1.960. Thus thitung (3.453)> ttable (1,960). This shows that the Responsibility of the Apparatus can increase the Community Trustworthiness to the Government. Meanwhile, based on multiple regression equation is Y = 17,880 + 0,251X1 + 0,475X2, where every increase of 1 (one) score of Responsibility Officer variable can increase 0,251 score of variable of level of Trust of Society to Government assuming service variable can increase 0,475 score variable to the Government assuming the variable of Responsibility of Constituent Apparatus.
Keywords: Personal Responsibility, Quality of Customer Service, Trust of the Government Society
Â
Abstrak
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tanggungjawab aparat dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah di Kecamatan Tugumulyo Musirawas. Desain penelitian ini menggunakan kuesioner yang diisi oleh 108 responden. Terdapat pengaruh yang positif tanggung jawab (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) secara bersama-sama terhadap Tingkat Kepercayaan Masyarakat Kepada Pemerintah (Y). melalui uji signifikansi dengan menggunakan distribusi  F, diperoleh nilai Fhitung sebesar 47,8598 sementara harga kritis nilai Ftabel dengan derajat bebas pembilang 2 penyebut 105 pada α (0,01) diperoleh nilai Ftabel sebesar 4,79 sehingga terbukti bahwa Fhitung (47,8598) > Ftabel (4,79). Dengan demikian bahwa variabel tanggung jawab dan kualitas pelayanan secara bersama-sama dapat meningkatkan Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah. Terdapat pengaruh yang positif Tanggung Jawab (X1) terhadap Tingkat Kepercayaan Masyarakat Kepada Pemerintah (Y). Melalui uji signifikansi dengan statistik uji t, diperoleh nilai thitung untuk b1 sebesar 3,453 sedangkan ttabel dengan derajat bebas 105 pada α (0,025) adalah sebesar 1,960. Dengan demikian thitung (3,453) > ttabel (1,960). Hal ini menunjukkan bahwa Tanggung Jawab Aparat dapat meningkatkan Tingkat Kepercayaan Masyarakat Kepada Pemerintah. Sedangkan berdasarkan persamaan regresi berganda adalah Y = 17,880 + 0,251X1 + 0,475X2, dimana setiap kenaikan 1 (satu) skor variabel Tanggung Jawab Aparat dapat meningkatkan 0,251 skor variabel tingkat Kepercayaan Masyarakat kepada Pemerintah dengan asumsi variabel Pelayanan dapat meningkatkan 0,475 skor variabel Tingkat Kepercayaan Masyarakat kepada Pemerintah dengan asumsi variabel Tanggung Jawab Aparat Konstan.
Kata Kunci: Tanggung Jawab Pribadi, Kualitas Layanan Pelanggan, Kepercayaan Masyarakat Pemerintah
Referensi
Arikunto, Suharsimi, 2001.Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan Praktek Jakarta : Rineka Cipta.
Kuncoro. Mudrajad 2003, Mrtode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Jogjakarta : Erlangga.
Magnis – Suseno, Frans.1991, Etika Politik : Prinsip – prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern, Jakarta : Bumi Aksara.
Ndraha, Talizidu,2000. Budaya Pemerintahan dan Dampaknya Terhadap Pelayanan Kepada masyarakat†Jurnal Ilmu Pemerintahan, Edisi ke 3, Jakarta : MIPI.
Peter J. Paul dan Jerry C. Olson; Damos Sihombing(Penrjemah). 2000. Customer Behavior (Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran), Jild 2, Jakarta : Erlangga.
Sedarmayanti,2001. Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja, Bandung: CV Mandar Maju.
Siagian, Sondang P. 1999. Manajemen sumber daya Manusia , Jakarta : Bumi Aksara.
Spiro, Herbert J.1999, Responsibility In Government : Theory And Practice, New York : Van Nostrand Reinhold Co.
Suhariyoko, 2006, Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap guru matematika dalam pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kecamatan Purwodadi. Magister Manajemen Pendidikan Universitas Bengkulu
Sutopo, 2003. Pelayanan Prima,Jakarta : Lembaga Adminitrasi Negara
Thomson, Dennis F, Benyamin Mola (pen).2000 Political Ethics And Public Officer, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
Tjiptono, Fandy.1996, Manajemen Jasa, Jogyakarta : Andi.
, 1999, Prinsip – prinsip Total Quality service (TQS), Yogyakarta : Andi.
Triguno. 2000. Budaya Kerja Mencipta Lingkungan yang Kondusif untuk Meningkatkan produktivitas Kerja, Jakarta : PT Golden Terayon Press.
Yudhoyono, Bambang.2001. Otonomi Daerah Desentralisasi dan Pengembangan SDM Aparatur Pemda dan Anggota DPRD, Jakarta : Pustaka Sinar harapan
Undang – undang Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah.
Undang – undang Nomor 5 Tahun 2004 Tentang Pembentukan organisasi dan Tata Kerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Â
LP2M Indo Global Mandiri University has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that has been published in this journal.