Entrepreneurial Marketing : Mengintegrasikan Pemasaran dan Kewirausahaan Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Penulis

  • Muhni Pamuji Universitas Tridinanti Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jiegmk.v9i1.435

Abstrak

Abstract

Entrepreneurial Marketing is a appropriate concept for SMEs that deals with conflicting resources and problems. In this article will be discussed about the concept of entrepreneurial marketing and analyse the importance of those concept applied for SME’s  The data source used is secondary data where the data obtained through online publication and literature study. Entrepreneurial Marketing is defined as a highly effective program for finding and improving customer satisfaction and strong resources. customers, or through entrepreneurship and innovation orientation.  Based from several previous studies Entrepreneurial Marketing is able to provide positive information on sales performance, innovation and marketing performance. By using Entrepreneurial marketing orientation concept, it is expected to improve the performance of SME’s and ultimately can improve the competitive advantage.

Keywords : Entrepreneurial Marketing, SME’s and conceptual model

 

Abstrak

Entrepreneurial Marketing merupakan pendekatan konsep yang lebih sesuai diimplementasikan untuk  UMKM disebabkan  keterbatasan sumber daya dan permasalahan yang  dihadapi. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai konsep entrepreneurial marketing dan untuk menganalisis pentingnya pendekatan tersebut diterapkan pada UMKM. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dimana data-data diperoleh melalui publikasi online dan studi pustaka. Entrepreneurial Marketing didefinisikan sebagai identifikasi proaktif dan eksploitasi peluang untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan yang paling menguntungkan melalui pendekatan inovatif  pada manajemen risiko dan pemanfaatan sumber daya serta penciptaan nilai (value)  Model orientasi pemasaran kewirausahaan yang diimplementasikan untuk UMKM terdiri dari empat komponen yaitu orientasi pasar, orientasi pelanggan, orintasi kewirausahaan dan  orientasi inovasi. Dari beberapa penelitian sebelumnya Entrepreneurial Marketing mampu memberikan dampak positif pada kinerja penjualan, keinovatifan serta kinerja pemasaran.  Dengan menggunakan model konseptual tersebut, maka diharapkan dapat meningkatkan kinerja UMKM dan pada akhirnya dapat meningkatkan keunggulan kompetitif.

Kata Kunci : Entrepreneurial Marketing, UMKM dan model konseptual

Biografi Penulis

Muhni Pamuji, Universitas Tridinanti Palembang

Program studi Teknik Elektro

Referensi

Adiwaluyo, Adi dan Muhammad Perkasa Al Haviz. 2016. Infrastruktur Sarana dan Prasarana: Pantang Mundur Meski Infrastruktur Belum Sempurna.Majalah Marketeers Edisi September 2016

Arfanly, Bibi.Sarma’ Ma’mun.Syamsun Muhammad. 2016. Peran Entrepreneurial Marketing Dalam Peningkatan Kinerja Pemasaran Pada Industri Rumahan Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Manajemen IKM September 2016 Vol. 11 no. 2.

Arianti, Yasela Dias. 2017. Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan, Keahlian, Kualitas Makanan, Kewajaran Harga dan Lingkungan Fisik Terhadap Kualitas Hubungan (Studi Empiris di Rumah Makan Mang Engking dan Ras Mirasa). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Online eprints.ums.ac.id/52641/11/NASKAH%20PUBLIKASI-01.pdf

Backbro, Johan dan Nystrom, Hampus. 2006. Entrepreneurial Marketing- Innovate Value Creation. Online…

Birley, S. 2007. Marketing Entrepreneur and Business Performance. Journal SMEs: Marketing Entrepreneur 3(7)

Hacioglu, Gungor dkk. 2012. The Effect of Entrepreneurial Marketing on Firm’s Innovative Performance in Turkish SMEs. Procedia Social and Behavioral Sciences 58 (871-878)

Hamali, Sambudi.2013. Meningkatkan inovasi melalui entrepreneurial marketing dan dampak pada kienrja pemasran ukm-ukm garmanet di Jawa Barat. Online jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/viewFile/236/241

Hardiyati, Ernani. 2009. Kajian Pendekatan Pemasaran Kewirausahaan dan Kinerja Penjualan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan 11(2)

Harini, Cicik.Darsin. Sri Praptono. 2017. Pengembangan Pemasaran Kewirausahaan Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Perekonomian Unit Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Semarang. Prosiding SNATIF ke-4 .

Hatta, Iha Haryani. 2015 . Orientasi Pasar,Orientasi Kewirausahaan, Orientasi kewirausahaan, Kapabilitas pemasaran dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Aplikasi Manajemen. 13(4).

Ionita, Daniel. 2012. Entrepreneurial Marketing : A New Approach For Challenging Times. Management and Marketing Challenges for the Knowledge Society 7 (1).

Jones, Rosalind dan Jennifer Rowley. 2011. Entrepreneurial marketing in Small Businesses: A Conceptual Exploration. International Samll Business Journal

Kartajaya, Hermawan. 2016. Integrating Marketing and Entrepreneurship. Majalah Marketeers Edisi September 2016

Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian. 2017. Suku Bunga KUR Tahun 2018 Turun menjadi 7 %. Online. https://www.ekon.go.id/berita/view/suku-bunga-kur-tahun-2018.3580.html

Kementrian PPN/Bappenas. Penguatan UMKM untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas. Warta KUMKM. Online. https://www.bappenas.go.id/index.php/download_file/view/22661/832/

Kotler. Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid I. Erlangga

Mayasari, Iin.Maharani, Anita. Wiadi Iyus.2009.Entrepreneurial Marketing For Small and Medium Entreprises Business, AN Exploratory Study on Entrepreneurial Performance. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 2(1).

Miles, Morgan P. 2017. The Relationship Between Marketin Orientation and Entrepreneurial Orientation. Online : https://www.researchgate.net/publication/275971582_The_Relationship_Between_Marketing_Orientation_and_Entrepreneurial_Orientation

Mustikawati, Rita Indah dan Irma Tysari. 2014. Orientasi Kewirausahaan, Inovasi dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada UKM Sentra Kabupaten Malang). Jurnal Modernisasi. 10(1). online ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/viewFile/771/473

Mutmainah, Dinda Audriene. 2016. Kontribusi UMKM Terhadap PDB Tembus Lebih Dari 60 Persen. Online https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20161121122525-92-174080/kontribusi-umkm-terhadap-pdb-tembus-lebih-dari-60-persen

Puspitasari,Utami dan Ratih Hesty. 2015. Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Sebagai Strategi untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Perusahaan Mebel Jepara.Prosiding Seminar Nasional Kebangkitan Teknologi Universitas Muria Kudus. Online: prints.umk.ac.id/.../Buku_Prosiding_Dies_35_Seri_Ilmu_Sosial_Final2.135-148.pdf

Rahim, Abdul. Wahab, Ab. Saad, A. 2015. The Shift From Traditional Marketing to Entrepreneurial Marketing Practices: A Literature Review. Business dan Management Studies 1(2) .

Soeprajitno,Hendra. 2016. Entrepreneurial Marketing Recipe. Majalah Marketeers Edisi September 2016

Zimmerer, Thomas W. Norman Scarborough 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat

Diterbitkan

2018-08-07

Cara Mengutip

Pamuji, M. (2018). Entrepreneurial Marketing : Mengintegrasikan Pemasaran dan Kewirausahaan Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 9(1), 8–14. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v9i1.435

Terbitan

Bagian

Articles