PENGEMBANGAN BRANDING DAN PEMASARAN INDUSTRI RUMAH TANGGA PEMPEK “HAPPY†DI KOTA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v5i2.1824Abstract
Pempek adalah kuliner khas/tradisional yang bahan utamanya berasal dari ikan giling dan paling banyak dibuat oleh Industri Rumah Tangga (Mikro), Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palembang. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan pada Industri Rumah Tangga pempek Happy yang memiliki potensi brand (merk) yang dapat dikembangkan tetapi mitra kurang perhatian terhadap merk sehingga produk mitra menjadi lambat dikenal masyarakat umum. Selain itu, masalah klasik dari industri mikro adalah lingkup pemasaran produk yang terbatas. Oleh karena itu, program pendampingan diperlukan untuk meningkatkan brand awareness (kesadaran merk) dan brand equity (kekuatan merk) dari mitra sasaran dengan menerapkan strategi pemasaran branding development melalui desain label (merk) dan pemasaran digital agar branding mitra dikenal masyarakat secara luas sehingga omset penjualan pempek dapat meningkat dan mitra dapat mempertahankan kelangsungan usahanya. Hasil pelaksanaan program Pengabdian kepada Masyarakat ini ialah peningkatan pengetahuan mitra tentang branding development, peningkatan ketrampilan mitra menggunakan marketplace untuk pemasaran digital, dan peluasan jangkauan pemasaran mitra.
Â
Kata kunci: branding, kuliner, merk, pemasaran, pempek
Downloads
References
Ali, S. (2016). The Effect of Market Segmentation Strategy and Positioning on Customer and Its Impact on Customer Satisfaction on Sundanese Restaurant in Bandung City. Journal of Marketing and Consumer Research, 21. Retrieved from https://www.iiste.org/Journals/index.php/JMCR/article/view/29203/0
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2009). Advertising and promotion : an integrated marketing communications perspective (Eigth edit). Boston, MA: McGraw-Hill Companies, Inc.
Gustriansyah, R., Suhandi, N., Antony, F., & Sanmorino, A. (2019). Single exponential smoothing method to predict sales multiple products. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012036
Gustriansyah, Rendra, Antony, F., & Suhandi, N. (2018). Penerapan Sistem Manajemen Persediaan Obat di Puskesmas untuk Mengoptimalkan Layanan kepada Masyarakat. Jurnal Abdimas Mandiri, 1(1). https://doi.org/10.36982/jam.v1i1.282
Hildayanti, S. K., & Alie, J. (2018). Peningkatan Pemasaran Melalui Packaging Innovation Usaha Mikro dan Kecil di Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 2(1). https://doi.org/10.36982/jam.v2i1.462
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing (Sixteenth). Harlow: Pearson Education.
Tangkap, D. J. P. (2020). Data Angka Konsumsi Ikan (AKI). Retrieved from https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=aki&i=209#panel-footer
Thomas, B., Miller, C., & Murphy, L. (2011). Innovation and Small Business - Volume I. BookBoon. Retrieved from https://library.ku.ac.ke/wp-content/downloads/2011/08/Bookboon/Economics/innovation-and-small-business-volume-1.pdf
Veronica, M., Febriani, R. A., & Sari, R. (2020). Pengembangan Kewirausahaan “Kreasi Pempek Berbahan Nasi†Sebagai Produk Makanan Khas Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 4(1). https://doi.org/10.36982/jam.v4i1.1038
Whalley, A. (2010). Strategic Marketing (2013th ed.). BookBoon.