PENGEMBANGAN BRANDING DAN PEMASARAN INDUSTRI RUMAH TANGGA PEMPEK “HAPPY” DI KOTA PALEMBANG

Authors

  • Nazori Suhandi Universitas Indo Global Mandiri
  • Rendra Gustriansyah Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v5i2.1824

Abstract

Pempek adalah kuliner khas/tradisional yang bahan utamanya berasal dari ikan giling dan paling banyak dibuat oleh Industri Rumah Tangga (Mikro), Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palembang. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan pada Industri Rumah Tangga pempek Happy yang memiliki potensi brand (merk) yang dapat dikembangkan tetapi mitra kurang perhatian terhadap merk sehingga produk mitra menjadi lambat dikenal masyarakat umum. Selain itu, masalah klasik dari industri mikro adalah lingkup pemasaran produk yang terbatas. Oleh karena itu, program pendampingan diperlukan untuk meningkatkan brand awareness (kesadaran merk) dan brand equity (kekuatan merk) dari mitra sasaran dengan menerapkan strategi pemasaran branding development melalui desain label (merk) dan pemasaran digital agar branding mitra dikenal masyarakat secara luas sehingga omset penjualan pempek dapat meningkat dan mitra dapat mempertahankan kelangsungan usahanya. Hasil pelaksanaan program Pengabdian kepada Masyarakat ini ialah peningkatan pengetahuan mitra tentang branding development, peningkatan ketrampilan mitra menggunakan marketplace untuk pemasaran digital, dan peluasan jangkauan pemasaran mitra.

 

Kata kunci: branding, kuliner, merk, pemasaran, pempek

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nazori Suhandi, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Teknik Informatika

Rendra Gustriansyah, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Teknik Informatika

References

Ali, S. (2016). The Effect of Market Segmentation Strategy and Positioning on Customer and Its Impact on Customer Satisfaction on Sundanese Restaurant in Bandung City. Journal of Marketing and Consumer Research, 21. Retrieved from https://www.iiste.org/Journals/index.php/JMCR/article/view/29203/0

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2009). Advertising and promotion : an integrated marketing communications perspective (Eigth edit). Boston, MA: McGraw-Hill Companies, Inc.

Gustriansyah, R., Suhandi, N., Antony, F., & Sanmorino, A. (2019). Single exponential smoothing method to predict sales multiple products. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012036

Gustriansyah, Rendra, Antony, F., & Suhandi, N. (2018). Penerapan Sistem Manajemen Persediaan Obat di Puskesmas untuk Mengoptimalkan Layanan kepada Masyarakat. Jurnal Abdimas Mandiri, 1(1). https://doi.org/10.36982/jam.v1i1.282

Hildayanti, S. K., & Alie, J. (2018). Peningkatan Pemasaran Melalui Packaging Innovation Usaha Mikro dan Kecil di Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 2(1). https://doi.org/10.36982/jam.v2i1.462

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing (Sixteenth). Harlow: Pearson Education.

Tangkap, D. J. P. (2020). Data Angka Konsumsi Ikan (AKI). Retrieved from https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=aki&i=209#panel-footer

Thomas, B., Miller, C., & Murphy, L. (2011). Innovation and Small Business - Volume I. BookBoon. Retrieved from https://library.ku.ac.ke/wp-content/downloads/2011/08/Bookboon/Economics/innovation-and-small-business-volume-1.pdf

Veronica, M., Febriani, R. A., & Sari, R. (2020). Pengembangan Kewirausahaan “Kreasi Pempek Berbahan Nasi†Sebagai Produk Makanan Khas Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 4(1). https://doi.org/10.36982/jam.v4i1.1038

Whalley, A. (2010). Strategic Marketing (2013th ed.). BookBoon.

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Suhandi, N., & Gustriansyah, R. (2021). PENGEMBANGAN BRANDING DAN PEMASARAN INDUSTRI RUMAH TANGGA PEMPEK “HAPPY” DI KOTA PALEMBANG. Jurnal Abdimas Mandiri, 5(2). https://doi.org/10.36982/jam.v5i2.1824

Issue

Section

Articles