PELATIHAN TERTIB ADMINISTRASI PADA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN PKBM HASANAH DI JAKARTA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v6i2.2287Abstract
Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Hasanah merupakan lembaga keswadayaan berupaya mendukung program pendidikan pemerintah dalam mencerdaskan bangsa melalui penyelenggaraan pendidikan non formal. Isu permasalahan, penyelenggaraan pendidikan kesetaraan kurang didukung pengelolaan administrasi yang baik dan tertib sehingga terjadi miss antara tenaga administrasi dengan data yang masuk. Manfaat program pengabdian masyarakat dapat memberikan keluaran dalam mendukung tertib administrasi penyelenggaraan pendidikan PKBM Hasanah. Keluaraan manfaat dari pengabdian ini, antara lain: (1) Pemahaman tenaga administrasi dan tenaga pendidik pada penguasaan buku administrasi pendidikan. (2) Membangun tertib administrasi pada penyelenggaraan pendidikan PKBM Hasanah. Pelatihan yang diberikan merubah mindset penyusunan secara manual dalam buku menjadi tersusun dalam database yang terintegrasi dengan data-data pendukung pendidikan di PKBM Hasanah.Â
Kata kunci : Pendidikan Kesetaraan, Tertib Adminisrtasi Pendidikan, Pelatihan Â
Â
Downloads
References
Ernawati, & Mulyono, S. E. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Paket C di PKBM Bangkit Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 3(1), 60–71.
Fauzi, E. R., & Widiastuti, N. (2018). Peranan PKBM Nusa Indah Dalam Peningkatan Layanan Program Pendidikan Non-Formal Di Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Jurnal Comm-Edu, 1(2), 30–35.
Fismanelly, Herman, & Syahril. (2022). Efektivitas Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Permata Bunda Sebagai Lembaga Pendidikan Nonformal Dalam Upaya Pengentasan Wajib Belajar Sembilan Tahun. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 4(1), 91–103.
Gunartin, G., Soffiatun, S., & Hayati, H. F. A. (2018). Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sebagai Tempat Alternatif Menumbuhkan Kemandirian Wirausaha Warga Belajar†(Studi Pada Pkbm Insan Karya Pamulang Tangerang Selatan). Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 3(2), 30–48. https://doi.org/10.32493/pekobis.v3i2.p30-48.2043
Hermawan, T., & Suminar, T. (2017). Pengelolaan Pembiayaan Menuju Kemandirian di PKBM Al Huda Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Educational Management, 6(2), 133–140.
Manurung, R., Nugroho, O. I. A., & Apriliyanto, E. (2020). Pelatihan Pengelolaan Administrasi Surat Menyurat bagi Warga Belajar di PKBM Ristek Nusantara Jaya Jakarta. Jurnal Abdidas, 1(3), 131–136.
Pamungkas, A. H., Sunarti, V., & Wahyudi, W. A. (2018). Peran PKBM dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Hidup Masyarakat Sesuai Target SDGs. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(3), 303. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i3.101240
Pandi, A. (2022). Peran Tenaga Administrasi dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi di MTs Hidayatul Muhisinin. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 162–174. https://doi.org/10.55352/mudir.v4i1.493
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Standar Tenaga Administrasi Pendidikan pada Program Paket A, Paket B, dan Paket C.
Rianti, S., Mappincara, A., & Wahed, A. (2022). Peran Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Layanan Administrasi di SMP Cokroaminoto Tamalanrea Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 173–180.
Suryadi, A., & Mutiara, D. (2020). Strategi Pencapaian Standar Layanan Pendidikan Nonformal Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Tahdzibi, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.1.49-56
Terttiaavini, Marnisah, L., Yulius, Y., Setiawan Saputra, T., & Saputra, T. S. (2019). Pengembangan Kewirausahaan “Kemplang Tunu†Sebagai Produk Cemilan Khas Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(1), 63–71.