WORKSHOP PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID 19 DI SD NEGERI 08 RANTAU BAYUR BANYUASIN

Authors

  • Dhamayanti Dhamayanti Universitas Indo Global Mandiri
  • Evi Yulianti Universitas Indo Global Mandiri
  • Dona Marcelina Universitas Indo Global Mandiri
  • Suryati Suryati Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v6i2.2291

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), khususnya teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technology, ICT) demikian pesat. Kemajuan ini tentu saja berpengaruh terhadap berbagai bidang kehidupan, termasuk di dalamnya pendidikan. Keberhasilan pelaksanaan otonomi dan globalisasi pendidikan hanya mungkin dapat dicapai dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pendidikan. Khususnya di era pandemi COVID-19 ini pemerintah meminta seluruh pelajar di Indonesia untuk belajar di rumah untuk mencegah terjadinya penularan virus Covid-19. Di kutip dari jurnal posmedia.com bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mendukung kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk meliburkan sekolah. Hal tersebut menyusul penyebaran virus Corona (Covid-19) yang semakin mengkhawatirkan. Selain itu, Ia juga mengapresiasi langkah swasta dalam menerapkan kebijakan yang sama. Berbagai perguruan tinggi dan sekolah mulai menerapkan sistem pembelajaran online. Seperti E-Learning, Google Classroom, Edmodo dan lain sebagainya. Pembelajaran jarak jauh mendorong munculnya perilaku social  distancing  dan  meminimalisir munculnya  keramaian  mahasiswa  sehingga  dianggap  dapat mengurangi potensi penyebaran Covid-19 (Firman and Rahayu, 2020). Sistem tersebut dinilai tepat karena pelajar tidak perlu khawatir ketinggalan materi. Dengan pembelajaran daring penggunaan aplikasi-aplikasi yang digunakan saat pembelajaran daring berlangsung selama pandemi covid-19.

Kata kunci: IPTEK,  Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dhamayanti Dhamayanti, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Sistem Informasi 

Evi Yulianti, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Sistem Informasi 

Dona Marcelina, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Manajemen Informatika

Suryati Suryati, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Sistem Informasi 

References

Firman, F. and Rahayu, S. (2020) ‘Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19’, Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), pp. 81–89. Available at: https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.

Gunawan1*, Ni Made Yeni Suranti2, F. and 1Physics (2020) ‘å”跃桓 1 æ¨å…¶é™ 1 æŽç§‹èŠ¸ 2 朱åšé¸¿ 3’, 1(2), pp. 75–94.

Musoffa, S. (2021) ‘Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID-19 Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur’, Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 18(1). Available at: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v18i1.1654.

Ratnasari, K.I. (2019) ‘Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika’, Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), pp. 100–109. Available at: https://doi.org/10.36835/au.v1i1.166.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Dhamayanti, D., Yulianti, E., Marcelina, D., & Suryati, S. (2022). WORKSHOP PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID 19 DI SD NEGERI 08 RANTAU BAYUR BANYUASIN. Jurnal Abdimas Mandiri, 6(2). https://doi.org/10.36982/jam.v6i2.2291

Issue

Section

Articles