WORKSHOP PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID 19 DI SD NEGERI 08 RANTAU BAYUR BANYUASIN
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v6i2.2291Abstract
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), khususnya teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technology, ICT) demikian pesat. Kemajuan ini tentu saja berpengaruh terhadap berbagai bidang kehidupan, termasuk di dalamnya pendidikan. Keberhasilan pelaksanaan otonomi dan globalisasi pendidikan hanya mungkin dapat dicapai dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pendidikan. Khususnya di era pandemi COVID-19 ini pemerintah meminta seluruh pelajar di Indonesia untuk belajar di rumah untuk mencegah terjadinya penularan virus Covid-19. Di kutip dari jurnal posmedia.com bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mendukung kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk meliburkan sekolah. Hal tersebut menyusul penyebaran virus Corona (Covid-19) yang semakin mengkhawatirkan. Selain itu, Ia juga mengapresiasi langkah swasta dalam menerapkan kebijakan yang sama. Berbagai perguruan tinggi dan sekolah mulai menerapkan sistem pembelajaran online. Seperti E-Learning, Google Classroom, Edmodo dan lain sebagainya. Pembelajaran jarak jauh mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalisir munculnya keramaian mahasiswa sehingga dianggap dapat mengurangi potensi penyebaran Covid-19 (Firman and Rahayu, 2020). Sistem tersebut dinilai tepat karena pelajar tidak perlu khawatir ketinggalan materi. Dengan pembelajaran daring penggunaan aplikasi-aplikasi yang digunakan saat pembelajaran daring berlangsung selama pandemi covid-19.
Kata kunci: IPTEK, Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19.
Downloads
References
Firman, F. and Rahayu, S. (2020) ‘Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19’, Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), pp. 81–89. Available at: https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.
Gunawan1*, Ni Made Yeni Suranti2, F. and 1Physics (2020) ‘å”跃桓 1 æ¨å…¶é™ 1 æŽç§‹èŠ¸ 2 朱åšé¸¿ 3’, 1(2), pp. 75–94.
Musoffa, S. (2021) ‘Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID-19 Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur’, Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 18(1). Available at: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v18i1.1654.
Ratnasari, K.I. (2019) ‘Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika’, Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), pp. 100–109. Available at: https://doi.org/10.36835/au.v1i1.166.