WORKSHOP MEMBUAT DAN MENGGUNGAH VIDEO PEMBELAJARAN SECARA ONLINE BAGI PARA GURU SMP NEGERI 30 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v6i3.2710Abstract
Di era pandemic saat ini, metode pembelajaran mengalami perubahan yang cukup signifikan. Hal ini terjadi karena pemberlakukan pembatasan aktivitas dan berkumpul bagi peserta belajar. Kejadian ini mengakibatkan metode pembelajaran menggunakan daring (online) dimana siswa dapat tetap belajar dari rumah. Tuntutan inilah yang menjadikan para pengajar yaitu guru harus memiliki kemampuan dalam akses dan memanfaatkan internet serta kreatif dalam membuat konten materi pembelajaran. Oleh karena itu, SMP Negeri 30 Palembang, menyelenggarakan kegiatan workshop membuat dan mengunggah video pembelajaran pada Youtube Channel, guna memberikan peningkatan pengalaman para guru sebagai bentuk materi pembelajaran secara daring. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan secara langsung dalam ruang rapat dengan mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19 di SMP Negeri 30 Palembang pada tanggal 7 Desember 2021.
Kata kunci : membuat akun, materi pembelajaran, video, youtube channel
Downloads
References
Ahmad, I.F. (2020) ‘Alternative Assessment in Distance Learning in Emergencies Spread of Coronavirus Disease ( Covid-19 ) in Indonesia’, Jurnal Pedagogik, 07(01), pp. 195–222.
Akbar, R., Chaerul Anwar and Johannes Hamonangan Siregar (2021) ‘Pengembangan Infrastruktur Pembelajaran Daring Menggunakan Antena Unidirectional’, Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 5(4), pp. 760–767. doi:10.29207/resti.v5i4.3219.
APJII (2020) ‘Laporan survei internet APJII 2019 – 2020’, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, pp. 1–146.
Dewantara, J.A. and Nurgiansah, T.H. (2020) ‘Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta’, Jurnal Basicedu, 5(1), pp. 367–375. doi:10.31004/basicedu.v5i1.669.
Heryati, A. and Dhamayanti (2019) ‘Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Microsoft Power Point Dan Pelatihan Internet Untuk Menghadapi Kurikulum K-13 Di SMPN 20 Palembang’, Jurnal Abdimas Mandiri, 3(1), pp. 36–42.
Nurchaerani, M., Haryati and Nursyamsi, F. (2021) ‘Upaya Meningkatkan Minat Belajar Di Masa Pandemi Melalui Pelatihan Bahasa Inggris Secara Daring’, ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), pp. 1–7. doi:10.34306/adimas.v2i1.451.
Rahayu, P. (2021) ‘Penerapan Video Pembelajaran Berbasis Android Di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), pp. 1–10.
Roni Hamdani, A. and Priatna, A. (2020) ‘Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang’, Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), pp. 1–9. doi:10.36989/didaktik.v6i1.120.
Sati, S., Setiana, D. and Amelia, A.N. (2021) ‘Implementasi Pembelajaran E-Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Basicedu, 6(1), pp. 51–57. doi:10.31004/basicedu.v6i1.1899.
Terttiaavini, T., Fitriani, A. dan Saputra, T.S. (2017) “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Media Pembelajaran Smart Learning Di Kabupaten Sembawa Sumatera Selatan,†Jurnal Abdimas Mandiri, 1(1), hal. 46–51. Tersedia pada: https://doi.org/10.36982/jam.v1i1.289.
Widiyono, A. (2020) ‘Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19’, Jurnal Pendidikan, 8(2), pp. 169–177.