Pembelajaran Literasi Media Kepada Siswa Siswi SMA Negeri 1 Bajawa Kabupaten Ngada

Authors

  • Gerardus Diri Tukan Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Maria One Fatima Nifu Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Julia Antanina Besin Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Fransiska Desiana Setyaningsih Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Christana Cassandra De Rozari Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Maria Avila Nogi Beribe Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Joanica Afonso Martins Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Maria Ersilia Melly Rani Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v7i3.3337

Keywords:

literasi media, sman 1 Bajawa, pembelajaran

Abstract

Literasi media merupakan kemampuan seseorang untuk mengakses berbagai informasi di media, terutama media sosial, mencermati, menganalisis, memahami  dan juga berkomunikasi secara baik di media sosial. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dewasa ini, berpotensi besar menyebabkan manusia tidak dapat mengontrol diri dalam bermedia sosial sehingga mudah timbul berbagai kerawanan sosial. Media sosial, di satu sisi dapat memperluas jaringan persahabatan dalam waktu singkat, namun juga sangat berpotensi untuk terjadinya kerawanan dan perselisihan apabila tidak bijak menggunakannya. Kondisi ini lebih rentan terjadi pada generasi muda, terutama pada para pelajar.  Hal ini mendorong untuk dilakukannya kegiatan pembelajaran literasi media kepada siswa siswi SMA Negeri 1 Bajawa Kabupaten Ngada. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah agar para siswa yang adalah anak-anak remaja, mengetahui, memahami dan mampu  mengakses informasi mampu  menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan informasi dalam berbagai bentuk media secara baik dan bertanggung jawab, Semua siswa telah memiliki gadget sendiri, dan mempunyai beberapa akun media sosial namun belum mengetahui dan memahami tentang  literasi media. Pada pelaksanaan kegiatan ini, metode kegiatan yang dilakukan yaitu ceramah dan diskusi. Peralatan bantu yang digunakan yaitu laptop dan LCD. Tahapan kegiatan yang dilakukan yaitu diskusi lepas dengan para siswa untuk menggali pengetahuan awal tentang literasi media. Mengkomunikasikan maksud kegiatan dengan pimpinan sekolah. Melaksanakan kegiatan di kelas sesuai kesepakatan waktu yang terdiri dari ceramah dan diskusi. Hasil kegiatan yang diperoleh yaitu para siswa dapat memahami tentang literasi media. Hal itu terlihat melalui keteterlibatan dalam diskusi, mengajukan pertanyaan dan pendapat. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Amar. 2020. “Media Sosial Dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial.” Avant Garde 8(2):134. doi: 10.36080/ag.v8i2.1158.

Al-Hamidiyah Bangkalan, Stai. n.d. “Eksistensi Media Sosial Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri the Social Media Existence in Increasing Students Motivation.”

Arianto, Bambang. 2022. “Dampak Media Sosial Bagi Perubahan Perilaku Generasi Muda Di Masa Pandemi Covid-19.” Journal of Social Politics and Governance (JSPG) 3(2):118–32. doi: 10.24076/jspg.2021v3i2.659.

Habibie, Dedi Kusuma. 2018. “Dwi Fungsi Media Massa.” Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 7(2):79. doi: 10.14710/interaksi.7.2.79-86.

Isan, David, and Badruddin Nasir. 2023. “Dampak Penggunaan Internet Terhadap Perilaku Remaja Di Desa Long Uro Kecamatan Kayan Selatan Kabupaten Malinau.” EJournal Pembangunan Sosial 2023(1):470–79.

Juditha, Christiany. 2020. “DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI TERHADAP POLA KOMUNIKASI MASYARAKAT DESA (Studi Di Desa Melabun, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung).” Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan) 21(2):131. doi: 10.31346/jpikom.v21i2.2660.

Meilinda, Nuly, Febrimarani Malinda, and Sari Mutiara Aisyah. 2020. “Literasi Digital Pada Remaja Digital (Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pelajar Sekolah Menengah Atas).” Jurnal Abdimas Mandiri 4(1):62–69. doi: 10.36982/jam.v4i1.1047.

Rohmiyati, Yuli. 2018. “Analisis Penyebaran Informasi Pada Sosial Media.” Anuva 2(1):29. doi: 10.14710/anuva.2.1.29-42.

Tawaf, and Alimin Khaidir. 2012. “Kebutuhan Informasi Manusia: Sebuah Pendekatan Kepustakaan.” Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 15(1):1–59.

Utilization, T. H. E., O. F. Safety, Internet As, A. Virtual Learning, and Sources To. 2016. “Pemanfaatan Internet Safety Sebagai Sumber Belajar Maya the Utilization of Safety Internet As a Virtual Learning Sources To.”

yuni Fitriani. 2017. “Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Bagi Masyarakat.” Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika 19(2):152.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Tukan, G. D., Fatima Nifu, M. O., Besin, J. A., Setyaningsih, F. D., De Rozari, C. C., Nogi Beribe, M. A., Martins, J. A., & Melly Rani, M. E. (2023). Pembelajaran Literasi Media Kepada Siswa Siswi SMA Negeri 1 Bajawa Kabupaten Ngada. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(3), 155–161. https://doi.org/10.36982/jam.v7i3.3337

Issue

Section

Articles