Pengenalan Aplikasi Amanbos: Transformasi Perizinan Kesehatan Di DPMPTSP Kab. Gianyar Berbasis Teknologi

Authors

  • Ni Kadek Suci Artini Universitas Pendidikan Nasional
  • Kadek Wulandari Laksmi P Universitas Pendidikan Nasional
  • I G. N. Oka Ariwangsa Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v8i1.3728

Keywords:

Perizinan, Kesehatan, AMANBOS

Abstract

Kemajuan teknologi informasi memberikan dampak yang positif bagi semua aspek kehidupan masyarakat, tidak terlepas juga bidang pelayanan masyarakat. Pemerintah Kabupaten Gianyar menyadari pentingnya memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam proses pelayanan publik. Dalam upaya memperbaiki sistem perizinan di Kabupaten Gianyar, Pemerintah Kabupaten Gianyar menghadirkan aplikasi web online mandiri bernama “AMANBOS”. Penerapannya dimulai dari bulan Februari 2023 oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Gianyar. Sebelum adanya AMANBOS, proses perizinan kesehatan di Kabupaten Gianyar dilakukan secara manual dengan menulis data pada buku laporan khusus pengajuan izin kesehatan. Situasi ini menyebabkan proses perizinan menjadi lambat dan rumit, memakan waktu yang lama, dan berisiko menghadapi kesulitan dalam mengakses informasi yang diperlukan. Metode pengabdian yang digunakan adalah pengenalan aplikasi web AMANBOS yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan aksesibilitas dalam pengajuan izin kesehatan. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa AMANBOS telah berhasil mempercepat dan menyederhanakan proses pengajuan izin kesehatan, mengurangi waktu yang dibutuhkan, dan menghilangkan kerumitan prosedur sebelumnya. Petugas teknis dapat dengan mudah melacak status pengajuan izin dan mendapatkan data statistik terkini. Pemohon juga memperoleh kemudahan dalam mengisi formulir permohonan kapan saja dan di mana saja. Transformasi ini telah membuktikan pentingnya penerapan inovasi teknologi dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Gianyar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyani, A., Muhafidin, D., & Susanti, E. (2022). Transformasi Digital Pelayanan Perizinan Berusaha (SI ICE MANDIRI) di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 13(2), 148–165. https://doi.org/10.29244/jmo.v13i2.38093

Arifudin, O., Tanjung, R., & Sofyan, Y. (2020). Manajemen Strategik Teori dan Implementasi. CV. Pena Persada.

Dita, O., Liawati, Mayasari, R., Rahma, R., Jaman, J. H., & Putra, R. (2021). Implementasi Sistem Informasi Masyarakat Cerdas Berbasis Data Spatial Untuk Pengelolaan Data Kependudukan Di Kelurahan Karangpawitan Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang. Jurnal Abdimas Mandiri, 5(2), 128–133.

Hidayat, A., Menanda, I. Dela, & Putri, L. F. E. (2021). Analisis Prosedur Pendaftaran Bpjs Kesehatan Secara Online Sebagai Wujud Transformasi Birokrasi Digital Di Indonesia. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 19(3), 31–37. https://doi.org/10.54783/dialektika.v19i3.14

Irwansyah, R., Darmayani, S., Mastikawati, Saputro, A. N. C., Wihartanti, L. V., Fauzi, A., Arifudin, O., Purandina, I. P. Y., Latifah, E. D., Septiyani, T., Pengestika, R. R., Fatayah, Ayuningtyas, P., Lemba, V. C., & Hartono, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Widina Media Utama.

Kaleb, B. J., Lengkong, V. P. K., & Taroreh, R. N. (2019). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dan Pengawasannya Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Jurnal EMBA, 7(1), 781–790.

Kurniawan, B., & Maarif, S. (2014). Transformasi Organisasi Penyedia Jasa Layanan Jaminan Kesehatan (Studi Tentang Transformasi PT. Askes (Persero) Menjadi BPJS Kesehatan). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 8(1), 61–72. http://repository.ucb.ac.id/id/eprint/601

Nurul, S., Shynta Anggrainy, & Siska Aprelyani. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keamanan Sistem Informasi: Keamanan Informasi, Teknologi Informasi Dan Network (Literature Review Sim). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(5), 564–573. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i5.992

Permana, G. P. L., & Laksmi, K. W. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kenyamanan, Terhadap Penggunaan Transportasi Berbasis Online Pada Generasi Millennial. Widya Akuntansi Dan Keuangan, 1(2), 66–76. https://doi.org/10.32795/widyaakuntansi.v1i2.383

Prabandari, A. (2015). Kualitas Pelayanan Berbasis Teknologi Informasi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Suri, M. I., & Puspaningrum, A. S. (2020). Sistem Informasi Manajemen Berita Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.128

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Suci Artini, N. K., Kadek Wulandari Laksmi P, & Ariwangsa, I. G. N. O. (2024). Pengenalan Aplikasi Amanbos: Transformasi Perizinan Kesehatan Di DPMPTSP Kab. Gianyar Berbasis Teknologi. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(1), 15–21. https://doi.org/10.36982/jam.v8i1.3728

Issue

Section

Articles