Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Melalui Sosialisasi Mencuci Tangan Yang Baik dan Benar di MI Al-Huda, Desa Cijagang
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v8i1.3765Keywords:
Sosialisasi Cuci Tangan, PHBS, Kesejahteraan Sosial MasyarakatAbstract
Berdasarkan observasi dalam pengabdian masyarakat ini yaitu mengenai perilaku mencuci tangan para siswa di MI Al-Huda, yang beralamat di Kp. Parasu RT.01 RW.05, Desa Cijagang yang dimana ditemukan bahwa siswa mencuci tangan di aliran air yang telah tercemar oleh sampah yang berada di area sekolah. Observasi ini dilakukan saat sedang bekerja bakti bersama siswa, mengungkapkan bahwa fasilitas wastafel yang ada di sekolah belum dapat dikatakan memadai. Tujuan dari mengadakan Intervensi sosialisasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan perubahan pemahaman tentang perilaku siswa MI Al-Huda terkait dengan mencuci tangan secara benar serta juga dengan meningkatkan kesadaran tentang praktik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), khususnya dalam mencuci tangan. Metode observasi lapangan yang digunakan berbasis pada pengembangan masyarakat sebagai proses yang dapat membantu masyarakat meningkatkan diri sendiri melalui aktivitas kolektif. Hasil dari intervensi ini dapat menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang pentingnya kebersihan tangan sebagai upaya pencegahan penularan penyakit. Peningkatan perilaku mencuci tangan yang tepat menunjukkan kemungkinan perubahan positif dalam praktik mencuci tangan, termasuk niat untuk mencuci tangan secara benar dan teratur. Penelitian ini menggaris bawahi pentingnya fasilitas kebersihan yang memadai di sekolah dan edukasi kesehatan yang efektif untuk mendukung PHBS di lingkungan pendidikan.
Downloads
References
Bur, N., & Septiyanti, S. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di SD Inpres Katangka Gowa. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 47–52. https://doi.org/10.37541/celebesabdimas.v2i1.301
Handaiyani, S., Wardhani, S., & Kartika, A. (2019). Gerakan Bersih Lingkungan Bertema‌green Eco-Park†Solusi Tepat Dalam Hijaukan Lingkungan Kampus Fkip Umpalembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(1), 20–24. https://doi.org/10.36982/jam.v3i1.725
Hatmoko, J. H. (2015). Survei Minat Dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Di Smk Se-Kota Salatiga Tahun 2013. E-Jurnal Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(4), 1729–1736.
N’dari, F. A., Suryandi, G. R., & Dryatsani, M. F. (2021). Sosialisasi Perilaku Cuci Tangan Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19. Proceesings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(50), 148–154.
Novitasari, Y. (2018). Penyuluhan Program Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Melalui Kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 2(1), 44–49. https://doi.org/10.36341/jpm.v2i1.573
Parasyanti, N. K. V., Yanti, N. L. G. P., & Mastini, I. G. A. A. P. (2020). Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Video Terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(1), 122. https://doi.org/10.36565/jab.v9i1.197
Pratiwi, R., & Ardisal, A. (2019). Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Lingkungan SLB Negeri 2 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 142–147.
Putra, A. I., Puteri, A. D., & Yusmardiansah, Y. (2021). Pengaruh Penyuluhan Mengenai Phbs Dan Penggunaan Masker Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Siswa Di Sdn 005 Binuang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(4), 78–88. https://doi.org/10.31004/jkt.v2i4.2698
Wahyuni, N. (2022). Technology and Civic Literacy. Journal of Education Technology and Civic Literacy, 2(2), 64–69.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 adelia rama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.