Sosialisasi Augmented Reality Foto Pahlawan Koleksi Museum MONPERA untuk Peningkatan Motivasi Belajar Sejarah Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4088Keywords:
Augmented Rality, Sosialisasi, Koleksi Foto, Museum MONPERAAbstract
Museum merupakan lembaga yang bertugas menyimpan koleksi benda bernilai sejarah untuk tujuan edukasi maupun rekreasi. MONPERA adalah museum yang memiliki koleksi foto pahlawan terutama berjasa pada perang lima hari lima malamdi Palembang. Koleksi foto disajikan secara tradisional tanpa keterangan yang memberikan informasi bagi pengunjung museum sehingga memerlukan media alternatif untuk mendukung edukasi sejarah pahlawan pada koleksi foto MONPERA. Salah satu pahlawan nasional sekaligus pejuang perang lima hari lima malam di Palembang adalah dr.AK.Gani. Beliau juga memiliki museum yang menyimpan koleksi foto dan benda bernilai sejarah lainnya di Museum dr.AK.Gani. Pengembangan media berbasis teknologi Augmented Reality (AR) foto pahlawan koleksi MONPERA juga dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan sejarah perjuangan dan koleksi foto Musuem dr.AK.Gani. Tujuan kegiatan PkM sosialisasi aplikasi AR foto pahlawan dr.AK.Gani dan koleksi foto lainnya adalah untuk mengenalkan cara pemanfaatan aplikasi yang diharapkan efektif meningkatkan motovasi dan pengetahuan mahasiswa dan pelajar sebagai mayoritas pengunjung museum. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa aplikasi AR bermanfaat untuk pembelajaran sejarah pahlawan dan memotivasi pengguna untuk belajar sejarah lewat koleksi foto koleksi Museum MONPERA khususnya tentang dr.AK.Gani. Aplikasi AR tersebut diharapkan dapat diperluas dengan penambahan fitur bukan hanya terbatas koleksi foto pahlawan tetapi koleksi benda lainnya di museum sehingga memberikan pengalaman lebih menarik bagi pengunjung museum MONPERA dan dr.AK. Gani serta berdampak pada peningkatan jumlah pengunjung museum.
Downloads
References
Christensen, T. H., & Rommes, E. (2019). Don’t blame the youth: The social-institutional and material embeddedness of young people’s energy-intensive use of information and communication technology. Energy Research and Social Science, 49(June 2018), 82–90. https://doi.org/10.1016/j.erss.2018.10.014
Danaei, D., Jamali, H. R., & Mansourian, Y. (2020). Comparing reading comprehension between children reading augmented reality and print storybooks. Computers & Education, 153(October 2019), 103900. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103900
Ermatita, E., Puspasari, S., & Zulkardi, Z. (2023). Improving Student ’ s Cognitive Performance during the Pandemic through a Machine Learning-Based Virtual Museum. TEM Journal., 12(2), 948–955. https://doi.org/10.18421/TEM122
Haversyalapa, D., Puspasari, S., & Gustriansyah, R. (2024). KLASTERISASI PIXEL CITRA KOLEKSI FOTO MUSEUM MONPERA DENGAN METODE K-MEANS PADA APLIKASI AUGMENTED. Idealis: Indonesia Journal Information System, 7, 189–199.
Kamariotou, V., Kamariotou, M., & Kitsios, F. (2021). Strategic planning for virtual exhibitions and visitors’ experience: A multidisciplinary approach for museums in the digital age. Digital Applications in Archaeology and Cultural Heritage, 21(December 2020), e00183. https://doi.org/10.1016/j.daach.2021.e00183
Pressman, R. S. (1995). Software Engineering: a Practitioner’s Approach. In Software Engineering Journal (Fifth, Vol. 10, Issue 6). McGraw-Hill. https://doi.org/https://doi.org/10.1049/sej.1995.0031
Purnamasari, S. A., Heryana, N., & Prihandani, K. (2021). Perbandingan Penggunaan System Usability Scale dan Usefull, Satisfaction and Ease of Use Questionnaire pada Usability Testing. Jurnal Ilmiah Informatika, 6(1), 59–69. https://doi.org/10.35316/jimi.v6i1.1236
Puspasari, S. (2024). Sosialisasi Aplikasi Pengelolaan Surat Dokumentasi Cagar Budaya Taman Purbakala Kerjaan Sriwijaya. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(1), 22–27. https://doi.org/10.36982/jam.v8i1.3811
Puspasari, S., & Dhamayanti. (2022). Sosialisasi Eksistensi Museum dr.AK.Gani di Pameran Bersama Museum Se-Sumsel untuk Peningkatan Kunjungan Eduwisata. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 745–750. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1972
Puspasari, S., & Herdiansyah, M. I. (2021). Pengenalan Teknologi Augmented Reality untuk Media Edukasi Koleksi Museum SMB II di Masa Pandemi Covid-19. Bakti Budaya, 4(2), 143–151.
Puspasari, S., Suhandi, N., & Iman, J. N. (2021). Evaluation of Augmented Reality Application Development for Cultural Artefact Education. International Journal of Computing, 20(2), 237–245. https://doi.org/10.47839/ijc.20.2.2171
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shinta Puspasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.