Evaluasi Pemahaman Mengenai Penanganan Bahan Kimia dan Keselamatan Kerja di Laboratorium Bagi Siswa SMA LTI Indo Global Mandiri Kota Palembang

Authors

  • Nurmalina Adhiyanti Universitas Indo Global Mandiri
  • Dwi Hawa Yulianti Program Studi Kimia/Universitas Indo Global Mandiri
  • Normah Program Studi Kimia/Universitas Indo Global Mandiri
  • Yulin Fariza Program Studi Kimia/Universitas Indo Global Mandiri
  • Dhea Nadira Program Studi Kimia/Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4135

Keywords:

Laboratorium Kimia, Keselamatan Dasar, Workshop, Laboratorium

Abstract

Kurangnya pemahaman dan edukasi mengenai penanganan bahan kimia dan keselamatan bekerja di laboratorium dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan saat praktikum. Pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman siswa mengenai keselamatan dasar di laboratorium, serta agar siswa memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai tindakan pencegahan dan respon yang tepat terhadap situasi darurat di laboratorium kimia. Latar belakang pengabdian ini didasarkan pada pentingnya pemahaman penanganan bahan kimia dan penerapan keselamatan laboratorium, khususnya di laboratorium kimia yang memiliki risiko tinggi. Alur pengabdian dimulai dari persiapan kegiatan, dilanjutkan dengan sosialisasi kegiatan, melakukan pengabdian, dan tahap terakhir melakukan evaluasi pengabdian. Pengabdian dilakukan dengan penyampaian materi dengan cara ceramah, diskusi interaktif, serta presentasi video singkat mengenai penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), pengenalan bahan kimia berbahaya, dan penanganan apabila terjadi kecelakaan di laboratorium. Metodologi yang digunakan adalah pre-test dan post-test, dengan tujuan untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa sebelum dan setelah dilakukan ceramah. Sampel pengabdian terdiri dari siswa kelas XI berjumlah 30, dipilih secara purposive random sampling. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa mengenai penggunaan APD, penanganan bahan kimia berbahaya, dan keselamatan di laboratorium setelah dilakukan ceramah. Nilai rata-rata pre-test sebesar 6,67 (SD = 1,52) dan post-test sebesar 8,57 (SD = 1,22). Analisis statistik menunjukkan bahwa peningkatan ini signifikan dengan nilai p < 0,05. Peningkatan pemahaman siswa ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian berlangsung efektif dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah workshop keselamatan laboratorium efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, sehingga menciptakan lingkungan laboratorium yang lebih aman dan kondusif untuk belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M., & Susilawat. (2023). Penerapan Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Di Laboratorium Pendidikan Kimia Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pematang Siantar. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 3(2), 2734–2741

Al-Zyoud, W., Qunies, A. M., Walters, A. U. C., & Jalsa, N. K. (2019). Perceptions of Chemical Safety in Laboratories. Safety, 5(2), 21. https://doi.org/10.3390/safety5020021

Chandra, E. K., Wibowo, M. E., & Sunawan, S. (2019). Cognitive Behaviour Group Counseling with Self-Instruction and Cognitive Restructuring Techniques to Improve Students’ Self-Confidence. Islamic Guidance and Counseling Journal, 2(1), 11. https://doi.org/10.25217/igcj.v2i1.305

Dewanto, S. A., Munir, M., & Wulandari, B. (2020). Sistem K3 pada Pembelajaran Praktik di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNY. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 5(2), 160–167

Eliyart, E., & Rahayu, C. (2021). Deskripsi Keterampilan Dasar Laboratorium Mahasiswa Teknik pada Praktikum Kimia Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 30–37. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.143

Hermida, L., Purba, E., Herianto, D., & Agustian, J. (2023). Kiat Penelitian & Ilustrasi Karya Ilmiah Riset Bagi Siswa Eksakta SMAN 2 Bandar Lampung. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(3), 176–186. https://doi.org/10.36982/jam.v7i3.3346

Nurdiana, E., & Azizah, N. (2024). Pengelolaan Laboratorium Kimia di SMA Negeri 1 Pringgarata. 1(1), 35–40.

Pratiwi, I. B., Hamidah, & Azani, Z. (2023). Analisis Tata Kelola Peralatan dan Bahan Laboratorium pada SMA Negeri 3 Langsa. KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia Dan Pendidikan Kimia, 5(2), 42–45. https://doi.org/10.33059/katalis.v5i2.7021

Subamia, I. D. P., Sri Wahyuni, I. G. A. N., & Widiasih, N. N. (2021). EFEKTIVITAS VIDEO PANDUAN MENGGUNAKAN BAHAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.29535

Trisna, M., R. Susanti, & Retno Sri Iswari. (2021). Knowledge Analysis of High School Students on Work Safety in Laboratory. BIOEDUSCIENCE, 5(2), 137–141. https://doi.org/10.22236/j.bes/526672

William, W., & Hita, H. (2019). Mengukur tingkat pemahaman pelatihan powerpoint menggunakan quasi-experiment one-group pretest-posttest. Jurnal SIFO Mikroskil, 20(1), 71–80

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Nurmalina Adhiyanti, Dwi Hawa Yulianti, Normah, Yulin Fariza, & Dhea Nadira. (2024). Evaluasi Pemahaman Mengenai Penanganan Bahan Kimia dan Keselamatan Kerja di Laboratorium Bagi Siswa SMA LTI Indo Global Mandiri Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(2), 75–81. https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4135

Issue

Section

Articles