Transfer Pengetahuan dalam Upaya Pengembangan Kapasitas Organisasi Pengelola OJS Jurnal Pertanian Terpadu
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4173Keywords:
Jurnal Ilmiah, Manajemen Jurnal, Pengetahuan Eksplisit, Pengetahuan Tacit, Pembelajaran OrganisasiAbstract
Jurnal Pertanian Terpadu merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur, yang telah bertransformasi dari penerbitan berbasis cetak menjadi penerbitan digital secara daring. Dalam operasionalnya, Jurnal dijalankan menggunakan OJS (Open Journal System) dan dilaksanakan oleh Dewan Redaksi. Kompleksitas pengelolaan saat transformasi menghasilkan peningkatan kapasitas pengetahuan editorial. Prinsip yang dipegang Jurnal Pertanian Terpadu sebagai organisasi adalah learning by doing. Secara perlahan dan pasti langkah tersebut dapat meningkatkan kemampuan para pengelola jurnal. Pengetahuan tersebut dikuasai oleh individu-individu didalam organisasi dan bersifat tacit. Pengetahuan ini belum teridentifikasi dan terdokumentasi. Pengetahuan ini belum bersifat eksplisit. Ada kemungkinan beberapa pengetahuan telah hilang dari memori organisasi. Hal ini dikarenakan adanya pergantian individu didalam organisasi. Oleh karena itu, transfer pengetahuan di dalam organisasi diperlukan untuk mencegah terjadinya amnesia organisasi. Kegiatan transfer pengetahuan di dalam pengelolaan jurnal bersifat internal, namun secara tidak langsung mempengaruhi kualitas artikel dan kemampuan penulis yang mengirimkan artikel. Edukasi secara tidak langsung juga merupakan tugas para editor dalam mengelola jurnal. Tulisan ini merangkum ulang kegiatan-kegiatan transfer pengetahuan yang pernah dilakukan. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi proses transfer pengetahuan di dalam pengelolaan jurnal. Hasil evaluasi menunjukkan pola transfer pengetahuan yang pernah dilakukan masih berlaku hingga saat ini. Pengelolaan jurnal tetap dapat berjalan meskipun terdapat pengetahuan yang belum sepenuhnya menjadi pengetahuan organisasi. Kegiatan yang efektif untuk melakukan transfer pengetahuan adalah secara informal antar individu dalam bentuk wawancara. Meskipun demikian, hasil evaluasi menunjukkan bahwa Jurnal Pertanian Terpadu memiliki perilaku pembelajaran organisasi yang bersifat self-mastery, dicirikan dengan individu-individu yang berkomitmen tinggi dalam mengembangkan organisasi.
Downloads
References
Brix, J. (2019). Innovation capacity building: An approach to maintaining balance between exploration and exploitation in organizational learning. Learning Organization, 26(1), 12–26. https://doi.org/10.1108/TLO-08-2018-0143/FULL/PDF
Dalkir, K. (2011). Knowledge management in theory and practice (Second edition). The MIT Press.
Direktorat Jenderal Sumberdaya IPTEK dan DIKTI. (2019). Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. https://pak.kemdikbud.go.id/portalv2/download/2868/
Ellinger, A. D. (2004). The Concept of Self-Directed Learning and Its Implications for Human Resource Development. Http://Dx.Doi.Org/10.1177/1523422304263327, 6(2), 158–177. https://doi.org/10.1177/1523422304263327
Elsevier. (2024). Resources for editors. https://www.elsevier.com/editor
Gamble, J. R. (2020). Tacit vs explicit knowledge as antecedents for organizational change. Journal of Organizational Change Management, 33(6), 1123–1141. https://doi.org/10.1108/JOCM-04-2020-0121
Isaacs, T. (2022). Agile Teaching and the Agile Manifesto. Pedagogicon Conference Proceedings. https://encompass.eku.edu/pedagogicon/2021/buckleup/2
Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen, Pub. L. No. 12/E/KPT/2021, Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2021).
Lukman, Istadi, & Wiryawan, K. G. (2020). Panduan Editorial Pengelolaan Jurnal Ilmiah. Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional. https://arjuna.kemdikbud.go.id/
Marcelina, D., Suryati, S., & Yulianti, E. (2022). WORKSHOP TEKNOLOGI INFORMASI “DASAR CYBER SECURITY†PADA SMK PGRI TANJUNG RAJA OGAN ILIR (OI). Jurnal Abdimas Mandiri, 6(2). https://doi.org/10.36982/JAM.V6I2.2285
Nugraha, N. W., Kurniawati, A., & Yunan, U. (2015). Perancangan Konten E-learning Pada Kegiatan Alih Media Dan Preservasi Berdasarkan Knowledge Conversion Di Pdii Lipi Dengan Metode Seci Dan Addie. EProceedings of Engineering, 2(2). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/1849
Public Knowledge Project. (2024a). Available Roles within OJS. PKP Docs. https://docs.pkp.sfu.ca/learning-ojs-2/en/available_roles_within_ojs
Public Knowledge Project. (2024b). Open Journal Systems (OJS) - Software. https://pkp.sfu.ca/software/ojs/
Reese, H. W. (2011). The learning-by-doing principle. Behavioral Development Bulletin, 17(1), 1–19. https://doi.org/10.1037/H0100597
Sadat, A. M., & Lin, M. L. (2021). Investigating The Effect Of Organizational Amnesia On The Performance Of Small And Medium Sized Enterprises. International Journal of Electronic Commerce Studies, 12(2), 245–258. https://doi.org/10.7903/IJECS.1891
Suhendra, M. F., & Laksmi, L. (2021). Transfer Tacit Knowledge dalam Mendukung Pengembangan Karier Profesional Editor Di LIPI Press. BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI, 42(2), 179–194. https://doi.org/10.14203/J.BACA.V42I2.790
Thompson, P. (2010). Learning by Doing. Handbook of the Economics of Innovation, 1(1 C), 429–476. https://doi.org/10.1016/S0169-7218(10)01010-5
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Titis Syah, Suharlina Suharlina, Dhani Aryanto, Istikomah Istikomah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.