Pendampingan Studi Independent Mahasiswa melalui Program Internet of Things (IoT) Engineer Camp di PT Ozami Inti Sinergi

Authors

  • Adi Candra Kusuma Politeknik Negeri MAlang
  • Hari Tri Wibowo Akademi Akuntansi Bima Sakapenta

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4191

Keywords:

Pendampingan, MSIB, Studi Independen, IoT

Abstract

Kegiatan di luar kampus yang melibatkan Mitra/perusahaan, merupakan pengalaman baru bagi mahasiswa. Apalagi mendapat tuntutan Mitra untuk mengikuti kegiatan yang sudah dirancang dalam satu semester penuh dengan diberikan proyek akhir. Adaptasi mahasiswa diperlukan untuk memperoleh kehidupan nyata tuntutan dunia kerja. Kegiatan ini diikuti oleh 200 mahasiswa aktif minimal semester V  diploma 3 dan diploma 4/ sarjana berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang dikelompokan menjadi 4 Dosen Pendamping Program. Program Internet of Things (IoT) Engineer Camp yang dipilih PT Ozami Inti Sinergi dalam MSIB Batch 6. Tujuan kegiatan memberikan  pendampingan mahasiswa yang mengikuti program Studi Independen untuk meningkatkan motivasi akan komitmen untuk menyelesaikan program dengan baik. Metode pelaksanaan kegiatan ini melalui tahapan a) mengumpulkan data, b) menyusun kerangka rencana kegiatan, c) melaksanakan program pendampingan, d) menganalisis hasil program dan e) melakukan perbaikan. Kegiatan dilaksanakan secara daring dengan intens mengadakan pendampingan seminggu sekali selama 5 bulan. Hasil kegiatan pengabdian kepada Masyarakat diperoleh pencapaian mahasiswa mengikuti program dilihat dari aspek rata-rata Kehadiran (93,25%), penugasan mitra (94,35%), laporan bulanan (100%), laporan akhir (100%) dan proyek akhir selesai tepat waktu secara berkelompok (95%). Proyek akhir mahasiswa dilakukan secara berkelompok yang kemudian dipamerkan dalam kegiatan Indonesia IoT Career Fair 2024. Hasil kegiatan digunakan sebagai rekomendasi untuk konversi mata kuliah yang diambil mahasiswa. Umpan balik mahasiswa mengikuti kegiatan PPM dengan kriteria 86% sangat puas dan 14% puas. Pendampingan diperlukan untuk memonitoring kegiatan terselenggaranya dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Candra Kusuma, Silvia Rahmi Ekasari, & Eva Weddakarti. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 540–547.

Bagus Wicaksana, B., Nuryadin, D., & Raharjo, E. (2023). Evaluasi Program Kegiatan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 2 Bidang Drafter Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Dewanti, A. P., Rahman, A., & Handayani, N. (2024). Implementasi Kebijakan Program Magang MSIB Batch 5 Dalam Meningkatkan Kemampuan Project Business Researcher di PT Indekstat Konsultan Indonesia. 27, 13–19. https://doi.org/10.30649/aamama.v27i1.228

Diva Effendy, A., Hertati UPN, D., & Timur, J. (2024). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Melalui Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Jawa Timur. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(2). https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya48

Fakhri, N., Nur Hidayat Nurdin, M., Buchori, S., Psikologi, F., & Negeri Makassar, U. (n.d.). Jurnal Kebajikan Jurnal Pengabdian Masyarakat PROGRAM MSIB MAGANG KAMPUS MERDEKA DENGAN PROJECT EVALUASI BISNIS PROSES RECRUITMENT AND SELECTION SPECIALIST

Hasanah, R. A., & Wijayanto, H. (2022). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR DALAM PROGRAM MAGANG & STUDI INDEPENDEN BERSETIFIKAT (MSIB) DI PT. PROGATE GLOBAL INDONESIA. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(5), 6585–6597

Jenderal, D., Tinggi, P., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Kurniawan, A. (2018). SEJARAH, CARA KERJA DAN MANFAAT INTERNET OF THINGS

Marcelina, D., & Yulianti, E. (2022). WORKSHOP TEKNOLOGI INFORMASI “DASAR CYBER SECURITY” PADA SMK PGRI TANJUNG RAJA OGAN ILIR (OI). Jurnal Abdimas Mandiri, 6(2), 67–72

Permata Sari, S., Witono, B., & Nugroha, H. (2021). Analisis Dampak Kegiatan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dalam Peningkatan Keterampilan dan Keahlian Lulusan Program Studi Akuntansi (Magang pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk

Permatasari, I., Sartika, D., & Saluza, I. (2023). WORKSHOP MEMBUAT DAN MENGGUNGAH VIDEO PEMBELAJARAN SECARA ONLINE BAGI PARA GURU SMP NEGERI 30 PALEMBANG. Jurnal Abdimas Mandiri, 6(3). https://doi.org/10.36982/jam.v6i3.2710

Purike, E. (2021). Political Communications of The Ministry of Education and Culture about “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (Independent Learning, Independent Campus)” Policy: Effective? EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline361

Rahman, A., Sukmajati, D. C., Mawar, M., Satispi, E., & Gunanto, D. (2023). Implementasi Kebijakan pada Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat di Indonesia. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 266–291. https://doi.org/10.30738/sosio.v9i2.14832

Rizkynata, R., Khoirul Anwar, M., Renaldi, F., Purnama, N., Miskiyah, A., Studi, P., Publik, A., Sosial, I., & Politik, I. (2023). Upaya Peningkatan Kualitas Mahasiswa Melalui Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (Studi Kasus Ombudsman Republik Indonesia). Journal of Research and Development on Public Policy (Jarvic), 2(1), 63–75

Salfia Putri Dewina Santri, H. E. A. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Program Magang Mahasiswa Sebagai Upaya Mencetak Sumber Daya Manusia Unggul Dan Berdaya Saing Merdeka Learning Merdeka Campus: Student Internship Program as an Effort to Create Excellent and Competitive Human Resources 1) Salfia Putri Dewina Santri, 2) Hanung Eka Atmaja. Comserva Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 170–178. https://doi.org/10.36418/comserva.v2i2.215

Shiddiqi, A. M., Ijtihadie, R. M., Ahmad, T., Wibisono, W., Anggoro, R., Bagus, D., & Santoso, J. (2020). Penggunaan Internet dan Teknologi IoT untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. In Jurnal Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat-DRPM ITS (Vol. 4, Issue 3). https://zoom.us/j/91019044215?pwd=M05PMkh6YlRM

Syavita, E., Sutrisno, N., Bagus, I., & Wedasantara, O. (2024). IMPLIKASI PROGRAM MAGANG STUDI INDEPENDEN BESERTIFIKAT PADA MAHASISWA UNIVERSITAS UDAYANA. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial , 3(5), 1–11

Zahy’, I., Illah, A., & Fahrudin, T. M. (2023). PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA MELALUI PROGRAM STUDI INDEPENDEN BIDANG TEKNOLOGI KECERDASAN ARTIFISIAL DI BISA AI ACADEMY. In Jurnal Budimas (Vol. 05, Issue 01)

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Adi Candra Kusuma, & Hari Tri Wibowo. (2024). Pendampingan Studi Independent Mahasiswa melalui Program Internet of Things (IoT) Engineer Camp di PT Ozami Inti Sinergi. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(2), 63–74. https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4191

Issue

Section

Articles