Penerapan Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Produktivitas Guru Sekolah Dasar 13 Palembang

Authors

  • Evi Yulianti Universitas Indo Global Mandiri
  • Indah Putri Pratiwi Universitas Indo Global Mandiri
  • Suryati Universitas Indo Global Mandiri
  • Imelda Saluza Universitas Indo Global Mandiri
  • Dona Marcelina Universitas Indo Global Mandiri
  • Indah Permatasari Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4271

Keywords:

Artificial Intelligence (AI), Produktivitas Guru, Sekolah Dasar

Abstract

Penerapan artificial intelligence (AI) telah menjadi fokus eksplorasi dalam upaya meningkatkan efisiensi dan produktivitas di lingkungan pendidikan, terutama di Sekolah Dasar Negeri 13 Palembang. Sekolah ini dihadapkan pada sejumlah tantangan, termasuk waktu yang terbatas untuk mengelola tugas administratif, kesulitan dalam personalisasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa, serta pengelolaan data siswa yang optimal untuk meningkatkan pengambilan keputusan pendidikan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dipilih untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengimplementasikan teknologi AI. Tujuan utama pengabdian ini adalah memperkenalkan dan mengintegrasikan AI dalam sistem penilaian otomatis, personalisasi pembelajaran adaptif berbasis AI, analisis data yang komprehensif dapat mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik di tingkat sekolah dasar. Metode pelaksanaan pengabdian mencakup analisis kebutuhan awal melalui survei dan wawancara dengan guru-guru, pengembangan modul pelatihan AI yang terfokus, workshop intensif dengan pendampingan langsung, dan hasil evaluasi pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan penerapan konsep AI di antara para peserta, meskipun beberapa tantangan dalam adopsi teknologi AI masih perlu diatasi. Kesimpulannya, pemanfaatan AI dalam pendidikan menjanjikan solusi inovatif dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi para guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih adaptif serta efisien. Hasil pengabdian ini menegaskan pentingnya terus mendorong pengembangan teknologi AI dalam konteks pendidikan sebagai langkah strategis untuk meningkatkan standar pendidikan di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, I. and Zakir, S. (2024) ‘Artificial Intelligence: Solusi Pembelajaran Era Digital 5.0’, Jurnal Sains Komputer & Informatika, 8(1), pp. 35–46

Cholilah, M. et al. (2023) ‘Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21’, Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), pp. 56–67. Available at: https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110.

Hasanah, A. and Budiyono, S. (2024) ‘A L - D Y’, 3, pp. 615–625.

Hidayati, I.N. et al. (2022) ‘Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Inggris SMK Terkait Konteks Kejuruan melalui Pemanfaatan Artificial Intelligence Pendahuluan Metode Pelaksanaan’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Dirandra, 1(1), pp. 29–35.

Kim, Seonghun et al. (2021) ‘Why and What to Teach: AI Curriculum for Elementary School’, 35th AAAI Conference on Artificial Intelligence, AAAI 2021, 17B, pp. 15569–15576. Available at: https://doi.org/10.1609/aaai.v35i17.17833.

Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, . I., Lutfiani, N., & Yadila, A.B. (2022) ‘Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal’, ADI Bisnis Digital Interdisiplin, 3, pp. 110– 124. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.792.

Merentek, T.C., Usoh, E.J. and Lengkong, J.S.J. (2023) ‘Implementasi Kecerdasan Buatan ChatGPT dalam Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), pp. 26862–26869.

Sartika, D. et al. (2018) ‘Pelatihan Pembuatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Di Smp Negeri 29 Palembang’, Jurnal Abdimas Mandiri, 1(2), pp. 96–100. Available at: https://doi.org/10.36982/jam.v1i2.410.

Smith, A., Johnson, B., & Wilson, C. (2020) ‘AI-driven Data Analytics in Educational Decision Making. Educational’, Educational Data Mining, 34, pp. 45–58. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.edumine.2020.02.004.

Suharyo, S., Subyantoro, S. and Pristiwati, R. (2024) ‘Kecerdasan Buatan dalam Konteks Kurikulum Merdeka pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: Membangun Keterampilan Menuju Indonesia Emas 2045’, Humanika, 30(2), pp. 208–217. Available at: https://doi.org/10.14710/humanika.v30i2.60563.

Taseman dan Dahlan, A.. (2018) ‘Tantangan Pendidikan dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0’, of Islamic Elementary School (JIES), 3, pp. 39–43. Available at: https://doi.org/https://doi.org/ 10.15642/ jies.v3i2.1347.

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Yulianti, E., Pratiwi, I. P., Suryati, Saluza, I., Marcelina, D., & Permatasari, I. (2024). Penerapan Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Produktivitas Guru Sekolah Dasar 13 Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(2), 111–121. https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4271

Issue

Section

Articles